Waspada! Ini Tanda Kalau Data Kamu Telah Dibajak

Waspada! Ini Tanda Kalau Data Kamu Telah Dibajak
Ilustrasi Keamanan Data

BidikNews24.com, Jakarta - Dalam era digital seperti saat ini, keamanan data pribadi menjadi semakin penting. Data pribadi yang dicuri dapat digunakan untuk melakukan penipuan atau bahkan kejahatan yang lebih serius. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memperhatikan tanda-tanda jika data pribadi kita telah dibajak.

Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda bahwa data pribadi Anda telah dibajak:

Aktivitas yang tidak biasa pada akun online Anda

Tanda pertama bahwa data pribadi Anda telah dibajak adalah aktivitas yang tidak biasa pada akun online Anda. Ini bisa berupa log masuk yang mencurigakan, penggunaan akun yang tidak sah, atau perubahan pada profil atau pengaturan akun Anda yang tidak Anda lakukan sendiri. Jika Anda melihat tanda-tanda ini, segera ganti kata sandi dan lakukan verifikasi keamanan tambahan pada akun Anda.

Baca Juga : Kenali Bentuk Phising Dan Cara Menghindarinya

Terdapat transaksi atau pembelian yang tidak Anda lakukan

Jika Anda menemukan transaksi atau pembelian yang tidak Anda lakukan pada kartu kredit atau rekening bank Anda, ini bisa menjadi tanda bahwa data pribadi Anda telah dibajak. Pelaku kejahatan dapat menggunakan informasi kartu kredit atau rekening bank Anda untuk melakukan pembelian atau transaksi lainnya secara online. Jika Anda melihat tanda-tanda ini, segera laporkan aktivitas yang mencurigakan kepada bank atau penyedia kartu kredit Anda.

Anda menerima pesan atau panggilan yang mencurigakan

Tanda-tanda lainnya bahwa data pribadi Anda telah dibajak adalah menerima pesan atau panggilan yang mencurigakan. Pesan atau panggilan tersebut mungkin berisi permintaan untuk memberikan informasi pribadi Anda, seperti kata sandi atau nomor rekening bank. Jangan pernah memberikan informasi pribadi Anda kepada seseorang yang Anda tidak kenal atau tidak yakin bahwa mereka merupakan pihak yang sah.

Baca Juga : Tips Menjaga Keamanan Data Dari Serangan Cyber

Anda menerima tagihan atau surat yang mencurigakan

Jika Anda menerima tagihan atau surat yang mencurigakan, ini bisa menjadi tanda bahwa data pribadi Anda telah dibajak. Tagihan atau surat tersebut mungkin berisi informasi tentang produk atau layanan yang tidak Anda beli, atau bahkan pemberitahuan tentang pinjaman atau kredit yang Anda tidak ajukan. Jika Anda menerima tanda-tanda ini, segera laporkan kepada penyedia layanan atau lembaga keuangan terkait.

Komputer atau perangkat Anda terinfeksi virus

Tanda-tanda terakhir bahwa data pribadi Anda telah dibajak adalah komputer atau perangkat Anda terinfeksi virus. Virus atau malware dapat mengambil informasi pribadi Anda dari komputer atau perangkat Anda dan mengirimkannya ke pelaku kejahatan. Pastikan untuk selalu memperbarui perangkat lunak antivirus dan firewall Anda, dan hindari mengunduh atau membuka lampiran dari email atau pesan teks yang mencurigakan.

Dalam dunia digital yang semakin berkembang, keamanan data pribadi menjadi semakin penting. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memperhatikan tanda-tanda jika data pribadi kita telah dibajak.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN