Warganet Panik, Gempa 5.9 Magnitudo Guncang Banten hingga Jakarta

Warganet Panik, Gempa 5.9 Magnitudo Guncang Banten hingga Jakarta
Gempa 5.9 Magnitudo Guncang Banten hingga Jakarta

BidikNewsw24.com, Jakarta - Guncangan gempa bumi dengan magnitudo 5.9 telah menggetarkan wilayah Banten pada Kamis siang (17/8/2023), menciptakan gelombang kepanikan dan kekhawatiran di kalangan warganet.

Pusat gempa tercatat berada sekitar 96 kilometer di barat daya Muara Binuangeun, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Meskipun berkekuatan signifikan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) segera memberikan informasi bahwa gempa ini tidak berpotensi memicu tsunami.

Dalam rilis resminya, BMKG mengungkapkan bahwa gempa terjadi pada pukul 11.28 WIB, dengan kedalaman 60 kilometer dan koordinat 7,62 lintang selatan serta 105,51 bujur timur.

Namun, BMKG juga menegaskan bahwa informasi awal tersebut cenderung mengedepankan kecepatan, sehingga hasil analisis lebih lanjut masih dapat mengalami perubahan seiring dengan kelengkapan data yang lebih akurat.

Baca Juga : Gempa Bumi Magnitudo 5.9 Guncang Banten, BMKG Pastikan Tidak Berpotensi Tsunami

Respons warganet di berbagai platform media sosial. Kekhawatiran dan keresahan masyarakat tercermin dalam berbagai komentar yang ditinggalkan di lini masa.

Beberapa warganet melaporkan bahwa mereka merasakan guncangan gempa dari wilayah Banten hingga wilayah lebih jauh seperti Jakarta.

Salah satu komentar dari akun @IndoTropical di Twitter melaporkan bahwa gempa ini dirasakan hingga ke wilayah Selatan Jawa bagian barat. 

Warganet lainnya juga berbagi pengalaman mereka merasakan guncangan gempa. Komentar-komentar seperti "Tangerang pasar kemis, goyang tapi ga ngeh itu gempa," dan "Kirain lagi pusing aja tadi ternyata ada gempa ya. stay safe temen-temen," ini adalah reaksi alami dari masyarakat dalam menghadapi situasi yang tidak terduga ini.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN