Warga dan Mapala Bantu Tim SAR Gabungan Evakuasi Pendaki Cedera di Gunung Kerinci

Warga dan Mapala Bantu Tim SAR Gabungan Evakuasi Pendaki Cedera di Gunung Kerinci
Ilustrasi Pendaki Gunung

BidikNews24.com - Operasi penyelamatan yang melibatkan warga setempat dan anggota Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam) berakhir sukses ketika seorang pendaki bernama Martinus (31 tahun) berhasil dievakuasi setelah mengalami cedera di Gunung Kerinci.

Keberhasilan penyelamatan ini adalah hasil kerja Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Basarnas, Pos SAR Kerinci, Balai TNKS, serta bantuan berharga dari masyarakat setempat dan anggota Mapala.

Pendakian Gunung Kerinci, salah satu gunung tertinggi di Indonesia, selalu menarik minat pendaki-pendaki yang mencari tantangan dan petualangan.

Namun, seperti halnya semua kegiatan alam bebas, pendakian gunung tidak selalu berjalan mulus.

Cedera atau kondisi darurat bisa terjadi, dan itulah mengapa kesiapsiagaan dan koordinasi dalam hal evakuasi sangat penting.

Pada Jumat, tanggal 18 Agustus, tim SAR Gabungan menerima laporan tentang kondisi darurat di Gunung Kerinci.

Seorang pendaki, Martinus, telah mengalami cedera yang serius selama pendakian. Tim SAR Gabungan segera merespons panggilan darurat ini dan memutuskan untuk berangkat ke lokasi kejadian, yang berada di Shelter 3 kaki Gunung Kerinci, walaupun cuaca saat itu sedang hujan ringan.

Perjalanan menuju Shelter 3 tidaklah mudah. Tim SAR Gabungan harus menghadapi medan yang sulit dengan cuaca yang tidak bersahabat.

Selama kurang lebih 10 jam perjalanan, mereka berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai lokasi kejadian yang terletak di ketinggian.

Setibanya di Shelter 3 pada malam hari, tim segera memberikan penanganan awal kepada Martinus untuk menstabilkan kondisi cedera pada kakinya.

Setelah kondisi Martinus dianggap cukup stabil, proses evakuasi dimulai. Dalam kondisi cuaca yang semakin memburuk, dengan hujan deras dan jalur yang licin dan berlumpur, tim SAR Gabungan berhasil membawa Martinus menggunakan tandu dari Shelter 3 menuju Posko R10.

Pada pukul 10.30 WIB, Martinus akhirnya berhasil dievakuasi menuju Posko R10.

Selanjutnya, dia segera dibawa ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Baca Juga : Tim SAR Gabungan Selamatkan Pendaki Cedera di Gunung Kerinci

Komandan Pos SAR Kerinci, Bambang Hermawan, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam operasi penyelamatan yang sukses ini

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN