Ulah Ganjar & Koster Soal FIFA U-20 Jadi Sorotan Media Asing

Ulah Ganjar & Koster Soal FIFA U-20 Jadi Sorotan Media Asing
Ulah Ganjar & Koster Soal FIFA U-20 Jadi Sorotan Media Asing (Foto : twitter/@FaktaSepakbola)

BidikNews24.com, Jakarta – Pasca keputusan yang dikeluarkan Badan Sepak Bola Dunia, FIFA, secara resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, tidak saja menuai sorotan beragam dari berbagai kalangan di Tanah Air.

Namun, keputusan FIFA ini juga memantik sorotan dari berbagai media asing, menyusul sikap penolakan yang datang dari dua pejabat di Tanah Air yakni, Gubernur Bali, Koster dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, atas partisipasi Timnas Israel dalam ajang Piala Dunia U-20 2023.

Sebut saja, sorotan itu datang dari beberapa kantor berita asing seperti Reuters, Associated Press, BBC, hingga Bernama, memuat pernyataan resmi FIFA yang dirilis pada Rabu, 29 Maret 2023.  Keterangan yang dirujuk diumumkan setelah berlangsung pertemuan antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Doha, Qatar. 

Washington Post, dalam laporannya seperti dikutip dari tempo.co pada Kamis, (30/03/ 2023) menyebutkan, “Keputusan FIFA datang seminggu setelah seorang pejabat Indonesia menyerukan larangan tim nasional Israel bermain di provinsinya.”

Gubernur Bali I Wayan Koster secara resmi mengirimkan surat kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga pada pertengahan bulan ini atas keberatannya menjamu Israel. 

Selain itu, penolakan itu datang dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, juga menyuarakan penolakan terhadap Israel. Prinsip ini diklaim sejalan atas sikap luar negeri Indonesia, mendukung Palestina melawan pendudukan Israel.

Baca Juga : FIFA Cabut Status Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20

The Guardian menyoroti populasi di Indonesia yang didominasi oleh Umat Muslim dan protes atas partisipasi Israel di Jakarta oleh Ormas Islam di Jakarta awal bulan ini.

Halaman1 2

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN