Tragedi Kecelakaan Bus Umrah di Arab Saudi, 20 Orang Meninggal Dunia

Tragedi Kecelakaan Bus Umrah di Arab Saudi, 20 Orang Meninggal Dunia
Kecelakaan Bus Umrah di Arab Saudi (Foto : twitter/@theholymosques)

BidikNews24.com - Sebuah kecelakaan tragis menimpa rombongan jemaah umrah di Arab Saudi pada Senin, 27 Maret 2023. Bus yang mengangkut para jemaah umrah tersebut mengalami kecelakaan dan terbakar di wilayah Aqaba Shaar, Provinsi Ashir, Arab Saudi.

Menurut informasi yang diperoleh dari media resmi Arab Saudi Al Ekhbariya, kecelakaan tersebut disebabkan oleh kerusakan rem pada bus tersebut. Akibatnya, bus tersebut menabrak penghalang di ujung jembatan, terbalik, dan kemudian terbakar.

Insiden tersebut mengakibatkan 20 orang meninggal dunia dan 29 orang luka-luka dengan kewarganegaraan yang berbeda-beda, namun belum ada rincian kebangsaan yang dirilis.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, membenarkan kejadian tersebut dan mengatakan bahwa saat ini KJRI Jeddah masih melakukan pengecekan terkait ada tidaknya jemaah Warga Negara Indonesia (WNI) dalam rombongan tersebut.

Pihak KJRI Jeddah sedang berkoordinasi dengan otoritas setempat mengenai kemungkinan adanya korban WNI dalam kecelakaan tersebut.

Kecelakaan ini terjadi pada jalan yang menghubungkan Provinsi Asir dengan Kota Abha, tepatnya di jalan Aqabat Shaar yang memiliki panjang sekitar 14 km. Jalan ini memotong pegunungan dan memiliki 11 terowongan dan 32 jembatan.

Saat bus sedang menuruni jembatan, bus mengalami rem blong dan menabrak penghalang di ujung jembatan sebelum terbalik dan terbakar.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN