Tips Menjaga Keamanan Data Dari Serangan Cyber

Tips Menjaga Keamanan Data Dari Serangan Cyber
Ilustrasi Keamanan Data

BidikNews24.com, Jakarta - Dalam era digital yang semakin maju, keamanan data menjadi semakin penting. Semua orang harus menyadari pentingnya menjaga data pribadi dan informasi rahasia agar tidak jatuh ke tangan yang salah.

Saat ini, serangan cyber semakin meningkat dan semakin kompleks. Oleh karena itu, mengamankan data dari serangan cyber menjadi sangat penting. Berikut adalah beberapa tips untuk mengamankan data dari serangan cyber:

Menggunakan Password yang Kuat

Gunakan password yang kuat dan unik untuk setiap akun yang Anda miliki. Password yang kuat terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan karakter khusus. Jangan gunakan kata-kata yang mudah ditebak, seperti nama hewan peliharaan atau tanggal lahir Anda. Selain itu, jangan gunakan password yang sama untuk beberapa akun.

Menggunakan Keamanan Multifaktor

Keamanan multifaktor adalah langkah keamanan tambahan yang diberikan pada akun Anda selain dari password. Dalam sistem keamanan multifaktor, Anda harus memasukkan kode yang dikirimkan melalui SMS atau email setiap kali Anda login ke akun Anda. Dengan keamanan multifaktor, bahkan jika seseorang berhasil mencuri password Anda, mereka tidak dapat mengakses akun Anda karena mereka juga memerlukan kode yang dikirimkan ke perangkat Anda.

Menggunakan Software Antivirus dan Firewall

Menggunakan software antivirus dan firewall pada komputer atau perangkat seluler Anda sangat penting untuk melindungi data Anda dari serangan malware dan hacker. Software antivirus dan firewall akan membantu mencegah program berbahaya masuk ke perangkat Anda dan merusak data Anda.

Baca Juga : Mengatasi Tantangan Keamanan dalam Jaringan Seluler Generasi Baru

Menjaga Perangkat Anda Selalu Terbaru

Pastikan perangkat lunak dan aplikasi di perangkat Anda selalu diperbarui ke versi terbaru. Perangkat lunak yang telah diperbarui seringkali memiliki perbaikan keamanan dan fitur baru untuk melindungi perangkat Anda dari serangan cyber.

Menghindari Mengklik Tautan atau Lampiran yang Tidak Dikenal

Halaman1 2

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN