Tips dan Trik Masuk Safe Mode di Windows 10

Tips dan Trik Masuk Safe Mode di Windows 10
Tips dan Trik Masuk Safe Mode di Windows 10

BidikNews24.com - Safe Mode (Mode Aman) adalah fitur penting di Windows 10 yang memungkinkan pengguna untuk memecahkan masalah yang terkait dengan sistem operasi.

Saat masalah muncul, seperti crash atau kesalahan yang tidak dapat diatasi di mode normal, Safe Mode adalah cara aman untuk masuk ke Windows tanpa memuat sebagian besar driver dan program pihak ketiga.

Berikut ini panduan langkah demi langkah tentang cara masuk ke Safe Mode di Windows 10, serta beberapa tips untuk mengoptimalkan penggunaan mode ini.

Cara Masuk Safe Mode di Windows 10:

Ada beberapa metode untuk masuk ke Safe Mode di Windows 10. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Metode 1: Melalui Pengaturan Sistem:

a. Klik tombol "Start" dan buka "Pengaturan" (ikon roda gigi).
b. Pilih "Pembaruan dan Keamanan".
c. Di sisi kiri, pilih "Pemulihan".
d. Di bagian "Pemulihan", klik tombol "Restart Now" di bawah "Pemulihan Lanjutan".
e. Setelah komputer restart, pilih "Troubleshoot".
f. Kemudian pilih "Advanced Options".
g. Pilih "Startup Settings" dan klik tombol "Restart".
h. Ketika komputer restart, akan muncul menu "Startup Settings".
i. Tekan angka 4 atau tekan tombol F4 untuk masuk ke Safe Mode biasa, atau tekan angka 5 atau tombol F5 untuk masuk ke Safe Mode dengan Jaringan.

Metode 2: Melalui Layar Masuk Windows (hanya berlaku jika komputer dapat booting):
a. Tekan dan tahan tombol "Shift" pada keyboard Anda.
b. Klik tombol "Restart" dari menu Start di sudut kanan bawah.
c. Setelah komputer restart, akan muncul menu "Choose an Option".
d. Ikuti langkah hingga mencapai menu "Startup Settings".
e. Dari sini, Anda dapat memilih opsi Safe Mode sesuai kebutuhan.

Tips untuk Mengoptimalkan Penggunaan Safe Mode di Windows 10:

a. Batasi Penggunaan Safe Mode: Safe Mode hanya digunakan untuk memperbaiki masalah sistem dan bukan untuk digunakan sehari-hari. Pastikan Anda hanya masuk ke Safe Mode saat diperlukan.

b. Cari Sumber Masalah: Saat masuk ke Safe Mode, periksa apakah masalah yang Anda hadapi masih ada. Jika masalahnya hilang, kemungkinan masalah terkait dengan driver atau program pihak ketiga. Lakukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi penyebabnya.

c. Perbarui Driver dan Perangkat Lunak: Jika masalah Anda ada hubungannya dengan driver, pastikan Anda memiliki versi terbaru dari driver tersebut. Selain itu, perbarui semua perangkat lunak Anda untuk memastikan kompatibilitas yang lebih baik dengan Windows 10.

d. Hapus Program yang Bermasalah: Jika masalah muncul setelah menginstal program tertentu, coba hapus program tersebut melalui Safe Mode.

e. Gunakan Mode Aman dengan Jaringan (Safe Mode with Networking): Jika masalah Anda berhubungan dengan koneksi internet atau update sistem, pilih Safe Mode with Networking untuk mengakses internet dan mencari solusi online.

Safe Mode di Windows 10 adalah alat yang sangat berguna untuk memperbaiki masalah yang berkaitan dengan sistem operasi. Dengan mengikuti panduan di atas dan menggunakan tips yang diberikan, Anda dapat dengan mudah masuk ke Safe Mode dan mencari solusi untuk masalah yang dihadapi.

Ingatlah bahwa Safe Mode sebaiknya digunakan dengan bijaksana dan hanya saat diperlukan dan membantu Anda mengoptimalkan penggunaan Windows 10 dan mengatasi masalah yang mungkin muncul. 

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN