Tim SAR Gabungan Selamatkan Pendaki Cedera di Gunung Kerinci

Tim SAR Gabungan Selamatkan Pendaki Cedera di Gunung Kerinci
Gunung Kerinci

BidikNews24.com - Pendaki Gunung Kerinci yang mengalami cedera serius, berhasil dievakuasi dalam sebuah operasi penyelamatan yang dlakukan oleh Tim SAR Gabungan.

Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 18 Agustus ketika seorang pendaki bernama Martinus (31 tahun) asal Jakarta mengalami cedera saat melakukan pendakian di Gunung Kerinci, salah satu gunung tertinggi di Indonesia.

Tim SAR Gabungan yang terdiri dari anggota Basarnas (Badan SAR Nasional), Pos SAR Kerinci, Balai TNKS (Taman Nasional Kerinci Seblat), Organisasi Mapala, dan beberapa warga segera merespons laporan darurat tersebut.

Meskipun cuaca saat itu tidak bersahabat dengan hujan ringan yang turun,tim SAR gabunan tetap menjalankan misi penyelamatan.

Perjalanan sulit dengan cuaca yang tidak mendukung memakan waktu sekitar 10 jam. Tim akhirnya tiba di Shelter 3 di kaki Gunung Kerinci pada malam hari.

Mereka menemui Martinus yang menderita akibat cedera pada kakinya. Tindakan awal dilakukan untuk menstabilkan kondisi Martinus sebelum proses evakuasi.

Cuaca yang terus hujan deras membuat jalur pendakian licin dan berlumpur, membuat proses evakuasi menjadi lebih sulit.

Namun, tim SAR Gabungan bekerja dengan hati-hati dan tekun untuk membawa Martinus keluar dari area yang sulit di Gunung Kerinci.

Pada pukul 10.30 WIB pada hari berikutnya, Martinus berhasil dievakuasi menuju Posko R10.

Dari sana, dia dibawa dengan aman ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

Komandan Pos SAR Kerinci, Bambang Hermawan, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam operasi penyelamatan ini.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN