Sungkono:Empat Pilar Sebagai Identitas & Karakter Bangsa

Sungkono:Empat Pilar Sebagai Identitas & Karakter Bangsa
Foto: Anggota Komisi IX DPR RI, H.Sungkono Melakukan Sosialisasi Empat Pilar Bangsa Di Sidoarjo, Jawa Timur.

BidikNews24.com, Sidoarjo - Empat pilar Bangsa merupakan konsep yang dikembangkan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), sebagai landasan dalam membangun kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.
 
Hal ini dikemukakan oleh Anggota Komisi IX DPR RI, H.Sungkono dalam kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI di Sidoarjo, Jawa Timur pada Kamis, (06/03/2024) lalu.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang landasan kebangsaan yang meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Sosialisasi Empat Pilar Bangsa bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara. Empat Pilar Bangsa merupakan konsep yang dikembangkan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sebagai landasan dalam membangun kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.
 
Dalam paparannya, Sungkono menekankan pentingnya menjaga dan mempertahankan Empat Pilar Bangsa sebagai identitas dan karakter bangsa Indonesia yang beragam namun tetap bersatu. Ia juga mengajak peserta untuk mengimplementasikan nilai-nilai Empat Pilar Bangsa dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan keluarga, masyarakat, maupun negara.
"Empat Pilar Bangsa adalah tiang penyangga yang kokoh agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram, dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana. Kita harus menghargai dan menghormati perbedaan yang ada di antara kita, baik suku, agama, ras, budaya, maupun politik. Kita harus saling bahu-membahu dalam membangun negeri ini sesuai dengan cita-cita para pendiri bangsa," ungkap Sungkono.
 
Karena pentingnya memberi pemahaman terhadap pilar-pilar kebangsaan inilah, menjadikan sosialisasi empat pilar bangsa ini sebagai agenda rutin setiap tahun kepada konstituen di daerah pemilihan masing-masing.
Disisi lain, implementasi terhadap wawasan kebangsaan, dipandang sangat penting dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Mengingat, ancaman disintegrasi akibat kehidupan berbangsa dan bernegara yang tak sejalan lagi dengan UUD 1945.
Acara sosialisasi ini berlangsung dengan lancar dan antusias. Peserta sosialisasi berkesempatan untuk bertanya dan berdiskusi dengan narasumber terkait materi yang disampaikan.
Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta antara lain tentang cara mengatasi permasalahan kemiskinan, pengangguran, dan kesehatan di Kecamatan Pamijahan, serta tentang peran dan fungsi MPR RI dalam menjaga dan mengawal Empat Pilar Bangsa.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN