Simak! Tema, logo, & Panduan Upacara Peringatan Hardiknas 2023

Simak! Tema, logo, & Panduan Upacara Peringatan Hardiknas 2023
Foto: Gedung Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

BidikNews24.com, Jakarta - Setiap tanggal 2 Mei, masyarakat di seluruh Indonesia merayakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) merilis tema, logo, dan panduan upacara bendera dalam rangka peringatan Hardiknas 2023. 

Tema Hari Pendidikan Nasional 2023

Dilansir detik.com, menurut Surat Nomor 12811/MPK.A/TU.02.03/2023 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, tema Hari Pendidikan Nasional 2023 adalah "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar". 

Baca Juga: Mengenal Sejarah Lahirnya Hari Pendidikan Nasional

Selain itu, bulan Mei 2023 juga dicanangkan sebagai bulan Merdeka Belajar seiring dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023. Dalam rangka peringatan Hardiknas 2023, akan dilaksanakan upacara bendera hingga ragam aktivitas lainnya.

Logo Hari Pendidikan Nasional 2023

Logo Hardiknas 2023 dapat diunduh di sini. Dilansir situs KSPSTENDIK Kemdikbud RI, logo ini dibentuk dari tiga elemen yang terdiri dari Bintang, Keceriaan dan Pena. Berikut adalah makna dari logo Hari Pendidikan Nasional 2023.

Bintang, menggambarkan semangat Hardiknas yang selaras dengan visi dan misi pemerintah untuk melahirkan generasi Indonesia yang cerdas berkarakter. Dengan garis luwes menggambarkan semangat adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman yang sangat dinamis.

Keceriaan, menggambarkan suasana pendidikan Indonesia yang menggembirakan, penuh dengan antusiasme, dan gotong royong serta partisipasi publik.

Pena, menggambarkan proses pendidikan sebagai sebuah proses penciptaan mahakarya yang memerlukan perpaduan holistik antara kemampuan intelektual, emosional, dan spritual dalam pelaksanaan.

Pedoman Upacara Bendera Hardiknas 2023

Upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 diselenggarakan secara luring/tatap muka di kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pusat dan satuan kerja di daerah. Upacara Hardiknas 2023 dilaksanakan pada:

Hari, tanggal: Selasa, 2 Mei 2023
Pukul: 08.00 waktu setempat
Tempat: Halaman kantor/lapangan/tempat lain yang telah disepakati oleh panitia setempat yang memenuhi standar protokol kesehatan.
Para barisan upacara beserta tamu pejabat dan undangan memakai pakaian adat tradisional sesuai dengan norma kepantasan.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN