Serangan Ransomware: Cara Menghindari dan Mengatasi

Serangan Ransomware: Cara Menghindari dan Mengatasi
Ilustrasi Hacker

BidikNews24.com, Jakarta - Serangan ransomware adalah salah satu jenis serangan siber yang paling merusak dan berbahaya. Dalam serangan ini, para hacker menggunakan teknik enkripsi untuk mengunci file Anda dan meminta tebusan agar Anda dapat mengaksesnya kembali.

Serangan ransomware dapat menyebabkan kerugian besar bagi perusahaan dan individu, karena data yang dikunci dapat sangat penting dan berharga.

Namun, ada beberapa cara untuk menghindari serangan ransomware dan mengatasi serangan tersebut jika Anda terkena dampaknya.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghindari serangan ransomware dan cara mengatasi serangan tersebut:

Selalu Backup Data Anda Langkah pertama dalam menghindari serangan ransomware adalah dengan melakukan backup data Anda secara teratur. Dengan melakukan backup data, Anda akan memiliki cadangan data yang dapat dipulihkan jika terkena serangan ransomware. Pastikan backup data Anda terpisah dari sistem utama Anda dan disimpan di tempat yang aman.

Gunakan Antivirus dan Firewall Pastikan komputer Anda dilengkapi dengan software antivirus dan firewall yang up-to-date.

Software ini dapat membantu mencegah serangan ransomware dan melindungi komputer Anda dari serangan lainnya. Pastikan untuk selalu melakukan update software antivirus dan firewall Anda secara berkala.

Enkripsi Ransomware

Hindari Mengklik Tautan dan Lampiran yang Tidak Dikenal Jangan mengklik tautan atau lampiran yang tidak dikenal atau mencurigakan yang dikirim melalui email atau media sosial.

Baca Juga :5 Tips Bangun Keamanan Siber di Era Digital

Hal ini dapat membuka pintu bagi hacker untuk masuk ke dalam sistem Anda. Jika Anda menerima tautan atau lampiran yang tidak dikenal, pastikan untuk memeriksanya dengan hati-hati sebelum membukanya.

Halaman1 2

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN