Sejumlah Pemprov Siapkan Program Mudik Gratis Idul Fitri 2023

Sejumlah Pemprov Siapkan Program Mudik Gratis Idul Fitri 2023
Foto radarbangsa.com/ ilustrasi Mudik Gratis: Sejumlah Pemprov Siapkan Program Mudik Gratis Idul Fitri 2023.

BidikNews24.com, Jakarta - Mudik gratis jelang hari raya Idul Fitri, menjadi salah satu tradisi yang sangat dinanti-nantikan masyarakat Indonesia. Meksi demikian, mudik juga memerlukan persiapan yang matang terkait dengan ketersediaan kendaraan dan biaya transportasi.

Seperti dilansir tempo.co, banyak instansi dan pihak terkait yang menawarkan program mudik gratis bagi masyarakat yang ingin pulang kampung untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Berikut ini adalah beberapa instansi yang menyediakan program mudik gratis Idul Fitri 2023.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

Pada tahun 2023, Pemprov DKI Jakarta akan menyelenggarakan mudik gratis Idul Fitri, untuk masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman. Program ini akan dijalankan dengan bekerja sama dengan sejumlah perusahaan otobus di Jakarta dan sekitarnya.

Pada arus mudik Idul Fitri 2023, program ini menawarkan total armada bus sebanyak 278 unit dengan kapasitas 11.120 penumpang dan 13 truk yang bisa mengangkut 390 sepeda motor. Sedangkan pada arus balik, akan disediakan 204 bus dengan kuota 8.160 penumpang dan 10 truk yang mengangkut 300 sepeda motor.

Baca Juga:Kemenhub Selenggarakan Program Mudik Gratis Idul Fitri 2023

Program ini melayani perjalanan mudik menuju 19 kota/kabupaten di 6 provinsi yang meliputi Lampung, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Kota Bandar Lampung menjadi kota tujuan di Provinsi Lampung, Palembang di Sumatera Selatan, Kuningan dan Tasikmalaya di Jawa Barat, dan Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Sragen, Wonosobo, kemudian Wonogiri di Provinsi Jawa Tengah, Kota Yogyakarta di Provinsi DIY, serta Madiun, Kediri, Jombang, dan Malang di Provinsi Jawa Timur.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga menawarkan program mudik gratis bagi masyarakat yang ingin pulang kampung merayakan hari raya Idul Fitri. Pada tahun 2023, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama dengan instansi lainnya telah menyiapkan ratusan bus dan 3 kereta api bagi para pemudik gratis.

Dengan total kuota sebanyak 11.608 orang yang terdiri dari 1.888 orang yang akan menggunakan kereta api dan 9.720 orang yang akan menggunakan bus.

Rinciannya adalah 2.700 orang (50 bus) dari Badan Penghubung, 1.980 orang (45 bus) dari Bank Jateng, 600 orang (12 bus) dari Jasa Raharja, 250 orang (5 bus) dari Paguyuban Jawa Tengah, dan 4.190 orang (85 bus) dari kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Selain itu, ada 3 kereta api dari Jakarta yang akan membawa peserta Mudik Gratis Idul Fitri Jateng 2023. 

Kereta api Menoreh menuju Semarang akan membawa 640 pemudik, kereta api Jaka Tingkir menuju Solo akan membawa 608 pemudik, dan kereta api Kutojaya Uttara menuju Kutoarjo akan membawa 640 pemudik.

Keberangkatan dari ketiga kereta api tersebut akan dilakukan pada Selasa, 18 April dari Stasiun Pasar Senen.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Pada tahun 2023, Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menyiapkan sebanyak 161 bus untuk program mudik gratis bagi masyarakat yang merayakan hari raya Idul Fitri di kampung halaman. Program ini akan beroperasi pada sejumlah rute yang tersebar di Jawa Timur.

Menurut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, pemberangakatan mudik gratis Idul Fitri 2023 ini, untuk area Jawa Timur akan dimulai pada tanggal 19 April 2023 dan diberangkatkan dari Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur di Jl. Ahmad Yani 268 Surabaya.

Pemprov Jatim menyiapkan 161 armada bus untuk mudik gratis, kuota untuk 400 sepeda motor yang siap diangkut, serta kapal laut bagi masyarakat di wilayah kepulauan.

Polres Cimahi

Polres Cimahi juga menawarkan program mudik gratis bagi masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman merayakan hari raya Idul Fitri. Namun untuk keberangkatan dari Cimahi, hanya tersedia di tanggal 18 April 2023.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN