RGP Indramayu Asah Percaya Diri Anak-Anak Lewat Lomba Pengucapan Teks Pancasila

RGP Indramayu Asah Percaya Diri Anak-Anak Lewat Lomba Pengucapan Teks Pancasila
Lomba Pengucapan Teks Pancasila Tingkat TK dan PAUD Indramayu 2023

Bidiknews24.com - Sebanyak 235 siswa taman kanak-kanak (TK) dan pendidikan usia dini (PAUD) dari 47 sekolah turut berpartisipasi dalam lomba untuk menjadi yang terbaik di ajang Pengucapan Teks Pancasila tingkat TK dan PAUD se-Indramayu 2023 yang digelar Relawan Garuda Pancasila (RGP) Indramayu.

Bertempat di Gelanggang Olahraga (GOR) Dharma Ayu, Kelurahan Karanganyar, Kecamata Indramayu, Kabupaten Indramayu, ratusan siswa tersebut tampak semangat dan antusias mengikuti jalannya perlombaan didampingi guru-guru dan para orang tua.

Hal tersebut dapat terlihat dari persiapan para peserta jelang bergulirnya perlombaan. Tampak masing-masing sekolah siap naik ke atas panggung utama dengan menggunakan busana meriah dan aksesoris yang mendukung tema perlombaan yakni terkait hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia.

Perlombaan yang berlangsung di hari Minggu (27/08/23) pagi WIB itu juga dihadiri sejumah orang Pengurus Pusat RGP Nasional dan Provinsi DKI Jakarta yang sudah tiba di Indramayu sejak sehari sebelumnya.

Menurut koordinator RGP Indramayu sekaligus inisiator perlombaan, Fence Ferdinand Kilis, kegiatan tersebut digelar untuk menumbuhkan jiwa nasionalis kepada masyarakat sedini mungkin dan menumbuhkan kepercayaan diri anak-anak.

"Ada lima tujuan acara ini digelar. Pertama, menyosialisasikan RGP (Relawan Garuda Pancasila). Kedua, memasyarakatkan RGP di Indramayu sebagai relawan Garuda Pancasila. Ketiga, menumbuhkan jiwa nasionalis bagi anak-anak usia dini.

Ferdinand Kilis

Jiwa nasionalisnya kita tekankan di situ melalui lomba pengucapan teks pancasila," ujar sosok yang akrab dipanggil Fence itu.

"Kemudian yang keempat, memupuk rasa percaya diri anak-anak dari usia dini, melatih dan mengedukasi anak-anak supaya mempunyai percaya diri sejak usia dini.

Kelima, menciptakan nilai positif di masyarakat melalui anak-anak dan sekaligus juga anak muda." terang Fence.

Dalam perlombaan yang digelar hingga tengah hari tersebut, keluar sebagai terbaik pertama adalah TK Aisyiyah Bustanul Athfal Indramayu, disusul terbaik kedua oleh TK Kartika XIX-32 Indramayu, dan terbaik ketiga TK Cendekia Bumi Patra Indramayu.

Dalam acara perlombaan tersebut, panitia penyelenggara menghadirkan tiga orang dewan juri yang dikepalai Bapak Supali Kasim (Budayawan Senior Indramayu), dan beranggotakan Ibu Nurhayati (Praktisi Pendidikan Anak) dan Bapak Yus Rusmadi (Purnapaskibraka Indonesia Indramayu).

Bapak Supali Kasim secara spesifik menilai vokal dan intonasi peserta. Ibu Nurhayati menyoroti kesesuaian busana, dan Bapak Yus Rusmadi fokus pada tingkat kehafalan peserta dalam mengucap Pancasila.

Tidak hanya sampai di situ, RGP Indramayu ke depannya akan membuat sejumlah kegiatan dengan nilai-nilai serupa yang menyasar generasi yang lebih tinggi lagi dari berbagai kelompok usia.

"Ke depan kami akan membuat kegiatan yang segmennya naik lagi ke anak-anak milenial. Kita sedang menyiapkan hal tersebut." tutup Fence.

Berikut daftar pemenang lomba Pengucapan Teks Pancasila Tingkat TK dan PAUD oleh RGP Indramayu:

Terbaik pertama : TK Aisyiyah Bustanul Athfal Indramayu
Terbaik kedua : TK Kartika XIX-32 Indramayu
Terbaik ketiga : TK Cendekia Bumi Patra Indramayu
Terbaik keempat : TK Islam PPI Indramayu
Terbaik kelima : TK Bina Insani Indramayu
Terbaik keenam : SPS Al Islam Daycare Indramayu.

Tonton Videonya disini!

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN