Proyek Strategis Nasional (PSN) Mendapat Dukungan Anggaran Signifikan di RAPBN 2024

Proyek Strategis Nasional (PSN) Mendapat Dukungan Anggaran Signifikan di RAPBN 2024
Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati

BidikNews24.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengumumkan rencana anggaran untuk Proyek Strategis Nasional (PSN) pada tahun 2024 sebesar Rp45,7 triliun.

Dalam konferensi pers mengenai Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) serta Nota Keuangan untuk Tahun Anggaran 2024 di Jakarta, Rabu (16/8), ia menjelaskan bahwa alokasi tersebut akan difokuskan pada proyek infrastruktur utama, seperti pengembangan double track kereta api, pembangunan bendungan, irigasi, dan jalan tol.

Dalam total anggaran infrastruktur tahun 2024 yang mencapai Rp422,7 triliun, terjadi peningkatan sebesar 5,8 persen dibandingkan outlook tahun 2023 yang sebelumnya mencatatkan angka Rp399,6 triliun.

Sri Mulyani memaparkan rincian alokasi anggaran yang mencakup berbagai bidang. Diantaranya, Belanja Kementerian/Lembaga (Belanja K/L) sebesar Rp213,7 triliun yang akan digunakan untuk pelaksanaan Instruksi Presiden (inpres) terkait Jalan Daerah, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), renovasi stadion, serta peningkatan sarana dan prasarana pendidikan serta kesehatan.

Selain itu, Belanja Non K/L sebesar Rp20,3 triliun akan dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur di daerah, daerah otonom baru (DOB), dan mendukung program Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Sri Mulyani juga menjelaskan tentang anggaran Transfer ke Daerah (TKD) yang mencapai Rp94,8 triliun. Anggaran tersebut akan difokuskan pada Dana Alokasi Khusus (DAK), pembangunan fisik infrastruktur, dan Dana Alokasi Umum (DAU) dalam bidang pekerjaan umum.

Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada BUMN juga dianggarkan sebesar Rp93,9 triliun untuk tahun 2024.

Per tanggal 11 Juli 2023, terdapat 158 PSN senilai Rp102,6 triliun. Berdasarkan perkembangan tersebut, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian memiliki target menyelesaikan 25 proyek pada tahun ini.

Baca Juga : Empat Tahun Tanpa Kenaikan, Presiden Umumkan Kenaikan Gaji PNS

Pada tahun 2024, terdapat 31 proyek lagi yang dijadwalkan untuk diselesaikan. Pemerintah telah menetapkan total 210 proyek dan 12 program PSN dengan total nilai investasi mencapai Rp5.764 triliun.

Presiden Joko Widodo memiliki target untuk menyelesaikan seluruh proyek PSN pada tahun 2024, terutama dalam hal pembebasan lahan dan perizinan yang menjadi faktor penting dalam kelancaran pelaksanaan proyek-proyek tersebut.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN