Primus Gandeng BI Sosialisasi QRIS Bagi Pelaku UMKM Bogor

Primus Gandeng BI Sosialisasi QRIS Bagi Pelaku UMKM Bogor
Foto: Anggota Komisi XI DPR RI Primus Yustisio bersama Bank Indonesia perwakilan Jawa Barat, menggelar sosialisasi QR CODE Indonesia Standar (QRIS).

BidikNews24.com, Bogor - Anggota Komisi XI DPR RI Primus Yustisio bersama Bank Indonesia perwakilan Jawa Barat, menggelar sosialisasi QR CODE Indonesia Standar (QRIS), bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Bogor. Kegiatan ini berlangsung di Hotel M One, Cibinong, Kabupaten Bogor pada rabu (14/06/2023) kemarin.

Melalui video conference Primus Yustisio mengatakan, kegiatan sosialisasi QRIS, merupakan rangkaian dari salah satu tugas Bank Sentral. Selain BI bertugas menjaga stabilitas nilai tukar rupiah, juga menjaga kelancaran sistem pembayaran. 

QRIS kata Primus, merupakan salah satu upaya BI dalam melakukan digitalisasi sistem pembayaran. Sehingga kegiatan sosialisasi QRIS ini, sebagai bentuk mendukung sistem pembayaran yang cepat dan tepat juga dalam rangka mendukung Visi Sistem Pembayaran Indonesia 2025.


 
" Diantara reformasi system pembayaran tersebut adalah; integrasi ekonomi-keuangan digital nasional sehingga menjamin fungsi bank sentral dalam proses peredaran uang, kebijakan moneter, dan stabilitas sistem keuangan, serta mendukung inklusi keuangan, " Ujar Primus.

Lebih lanjut Primus menegaskan, sebagai anggota DPR RI Komisi XI dari Dapil Kabupaten Bogor, ia terus mendorong Bank Indonesia meningkatkan literasi bagi masyarakat Kabupaten Bogor, agar memiliki inklusi yang baik terhadap inovasi dalam ekosistem keuangan digital.

Dari 150 peserta dari pelaku UMKM Kabupaten Bogor yang hadir, mendapatkan materi dan simulasi pemanfaatan QRIS. Sebagaimana materi yang disampaikan dari deputi perwakilan BI Jawa Barat, dikatakan bahwa, manfaat dari QRIS ini adalah, cepat dan kekinian, karena hanya dengan scan QR Code, pembayaran di kios, atau di ritel modern, sudah bisa kita lakukan dengan cepat.

Selain itu, pelaku UMKM juga tidak direpotkan dengan uang kembali dan lebih higienis, karena uang tunai juga kadang menjadi media penyebaran bakteri dan virus. Dengan adanya QRIS yang sudah terintegrasi dengan semua platform keuangan digital, hanya dengan smartphone, dan tentu harus ada saldo, dapat bertransaksi di manapun berada.  

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN