Presiden Jokowi : Jika Pemda Tidak Mampu, PUPR Siap Ambil Alih Tangani Jalan Rusak di Lampung

Presiden Jokowi : Jika Pemda Tidak Mampu, PUPR Siap Ambil Alih Tangani Jalan Rusak di Lampung
Presiden Jokowi Janjikan Perbaikan Jalan Rusak di Lampung, Pemerintah Pusat Siap Ambil Alih

BidikNews24.com, Lampung - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan segera memperbaiki jalan rusak di Provinsi Lampung yang ramai dikeluhkan oleh warga. Dalam kunjungan kerjanya ke Lampung pada hari Jumat, 5 Mei 2023, Jokowi secara terbuka menyatakan bahwa pemerintah pusat siap menangani perbaikan jalan rusak yang parah di provinsi tersebut.

Jokowi datang ke Lampung bersama tiga menteri yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Dalam kunjungannya, Jokowi meninjau Pasar Tradisional di Kecamatan Natar, Lampung Selatan dan berencana untuk langsung melihat kondisi jalan-jalan yang ada di Lampung.

Perbaikan jalan rusak di Lampung menjadi penting karena dapat mengganggu mobilitas orang dan barang, serta meningkatkan biaya logistik yang tidak kompetitif dengan daerah lain dan negara lain. Oleh karena itu, Jokowi memastikan bahwa pemerintah pusat akan segera mengambil tindakan untuk memperbaiki jalan rusak yang parah.

Menurut Jokowi, pemerintah pusat sedang melakukan pendataan jalan kabupaten, kota, dan provinsi yang rusak parah karena anggaran yang ada di daerah tersebut tidak banyak diarahkan kepada infrastruktur. Dalam kunjungan ke Lampung, Jokowi akan mengecek kondisi jalan nasional, provinsi, dan kabupaten yang menjadi kewenangan pemerintah daerah setempat.

Baca Juga : Kunjungan Presiden Jokowi ke Lampung, Harapan Baru bagi Masyarakat Terdampak Jalan Rusak

Meski ada informasi yang beredar di media sosial bahwa pemerintah daerah langsung memperbaiki jalan yang rusak sebelum dikunjungi oleh Jokowi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono memastikan bahwa tidak ada perintah apapun kepada Kepala Balai Jalan setempat untuk melakukan perbaikan. Basuki yakin bahwa belum ada perintah untuk perbaikan jalan karena perbaikan jalan membutuhkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA).

Dengan janji dari Presiden Jokowi untuk memperbaiki jalan rusak di Lampung, diharapkan mobilitas orang dan barang dapat berjalan lancar dan biaya logistik dapat bersaing dengan daerah lain dan negara lain. Semoga langkah pemerintah pusat dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat di Provinsi Lampung.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN