Presiden Baru Peru Ambil Sumpah Kabinetnya dengan Janji Antikorupsi

Presiden Baru Peru Ambil Sumpah Kabinetnya dengan Janji Antikorupsi
Presiden Baru Peru lantik Jajaran Kabinet di Tengah Kerusuhan

Bidiknews24.com, Lima-Presiden terbaru Peru, Dina Boluarte, mengambil sumpah di kabinetnya pada Sabtu (10/12/2022).

Dilansir dari Guardian, hal ini dilakukan hanya tiga hari setelah dia menjadi kepala negara perempuan pertama di negara itu.

Dia meminta setiap menteri untuk berjanji tidak melakukan korupsi saat menjabat.

Ke-17 menteri yang dipilih oleh Boluarte, yang pada hari Rabu (7/12/2022) diangkat dari wakil presiden untuk menggantikan Pedro Castillo yang digulingkan sebagai pemimpin negara.

Hal ini akan menjadi kunci untuk lebih mengobarkan atau menenangkan negara Amerika Selatan yang mengalami krisis politik yang tampaknya endemik.

Baca Juga: Presiden Peru Dicopot Dari Jabatannya

Boluarte mempresentasikan pemerintahan sentrisnya di tengah demonstrasi di seluruh Peru yang menyerukan pengunduran dirinya dan penjadwalan pemilihan umum untuk menggantikannya dan Kongres.

Dia meminta masing-masing dari sembilan pria dan delapan wanita untuk bersumpah atau berjanji untuk melakukan tugas mereka dengan setia tanpa melakukan tindakan korupsi.

Semua anggota kabinet berlutut di depannya dan mengenakan ikat pinggang merah-putih yang diikatkan di pinggang mereka. Salib besar ditempatkan di depan sebagian besar anggota kabinet ketika mereka menjawab pertanyaan Boluarte.

Fasih berbahasa Spanyol dan Quechua, Boluarte terpilih sebagai wakil presiden dengan tiket presiden yang membawa Castillo yang berhaluan kiri-tengah berkuasa tahun lalu.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN