Perseteruan Once Mekel Vs Ahmad Dhani Berakhir

Perseteruan Once Mekel Vs Ahmad Dhani Berakhir
Foto nakita.grid.id/ Perseteruan Once Mekel Vs Ahmad Dhani Berakhir.

BidikNews24.com, Jakarta - Perseteruan antara Ahmad Dhani dan Once Mekel terkait royalti lagu Dewa 19 akhirnya resmi berakhir. Ahmad Dhani memang telah mengurus beberapa hal dan berdiskusi dengan pihak Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

Diketahui, Once memang masih sering membawakan lagu-lagu Dewa 19 meski sudah tak lagi menjadi vokalis sejak 2010 lalu. Hal tersebut membuat Ahmad Dhani menyimpan rasa sakit hati lantaran lagunya masih dinyanyikan sang mantan vokalis tanpa izin.

Seperti dilansir insertlive.com, Once Mekel akhirnya bertemu dengan Ahmad Dhani. Pertemuan keduanya terjadi saat audiensi dan mediasi bersama sejumlah musisi lain di Kementerian Hukum dan HAM.

"Saya nggak akan lagi bawain lagunya Dhani, baik sendiri maupun bersama Dewa 19, dalam waktu yang tak ditentukan gitu ya, untuk jangka waktu yang tidak ditentukan," kata Once pada Selasa (18/4) kemarin.

Ahmad Dhani memang sempat melarang Once menyanyikan lagu-lagu ciptaannya untuk Dewa 19. Larangan ini dilakukan guna menjaga kelangsungan tur Dewa 19 sampai Desember 2023.

Persoalan ini pun berbuntut pada masalah royalti. Dhani menyinggung Once yang masih menyanyikan lagu Dewa 19 meski sudah hengkang dari band tersebut pada 2010 silam.

Baca Juga:Vokalis Grup Band Kahitna, Carlo Saba Tutup Usia

Sementara itu, keputusan Once untuk tidak menyanyikan lagu-lagu ciptaan Dhani merupakan keputusan pribadi, bukan bentuk penerapan hukum atau ketentuan yang berlaku.

"Ini hanya urusan pribadi saja ya, kalau hukum positif kita sampai hari ini tidak ada larang-larangan, tidak bisa larang-larangan," katanya.

Turut mendengar pernyataan Once, Dhani menanggapi dengan kemungkinan Once bakal menyanyikan lagu ciptaannya untuk Dewa 19 di masa mendatang.

"Semua sepakat harus ada izin," timpalnya.

Dia merujuk Pasal 9 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta mengenai perizinan dari pencipta lagu.

Pasal 9 berbunyi, "Setiap orang yang tanpa izin pencipta atau pemegang hak cipta dilarang melakukan penggandaan dan/atau penggunaan secara komersial ciptaan."

"Nah artinya kalau si pencipta tidak mengizinkan, itu memang tidak boleh. 'Seizin' Pasal 9," kata Dhani.

Kemudian Once mengatakan tiap kesempatan manggung, selalu ada kesepakatan dengan event organizer (EO) terkait bayaran royalti. Dia berkata EO adalah pihak yang bertanggung jawab membayarkan royalti.

Hal ini pun dikonfirmasi Dhani. Menurutnya, Once tidak berkewajiban membayar royalti.

"Once tidak punya kewajiban untuk bayar royalti, jangan tanya-tanya salah lagi. Once tidak pernah punya kewajiban bayar royalti, yang berkewajiban tuh EO. Sudah begitu aja, kami sepakat," kata pentolan Dewa 19 tersebut.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN