Pemerintah Prioritaskan Rekrutmen PPPK pada Seleksi Calon ASN 2023

Pemerintah Prioritaskan Rekrutmen PPPK pada Seleksi Calon ASN 2023
Ilustrasi Seleksi CPNS 2023. Foto: bkn.go.id

Bidik News24.com - Dalam seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mendapatkan prioritas utama dengan alokasi sebesar 543.593 formasi dari total 572.496 formasi yang ditetapkan pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Sementara itu, kebutuhan pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dialokasikan sebesar 28.903 formasi dari total formasi.

Kebutuhan akan Aparatur Sipil Negara (ASN) terdiri dari dua kelompok utama, yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan PPPK.

Kebutuhan jabatan fungsional PNS ditetapkan sesuai dengan jumlah pegawai yang akan pensiun, sedangkan kebutuhan untuk kelompok jabatan pelaksana (administrasi) disesuaikan dengan proyeksi pensiun pegawai dan kebutuhan sumber daya manusia yang dapat digantikan melalui proses digitalisasi.

PPPK pada seleksi CASN 2023 dominan terkonsentrasi pada tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan, mencerminkan prioritas pemerintah pada sektor pendidikan dan kesehatan.

Sementara, kebutuhan PNS dialokasikan untuk jabatan-jabatan fungsional atau keahlian lainnya sesuai dengan kebutuhan instansi pemerintah.

Dalam hal pengisian jabatan ASN di sektor pendidikan dan kesehatan, Panselnas melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah melaksanakan seleksi PPPK Guru dan Tenaga Kesehatan pada formasi tahun 2022.

Hasilnya, persentase kelulusan PPPK Guru mencapai 78,5%, sementara PPPK Tenaga Kesehatan mencapai 78,6% per tanggal 3 Agustus 2023.

Selain itu, terdapat kebijakan reformulasi yang mempengaruhi persentase kelulusan PPPK Teknis dalam formasi tahun 2022.

Dengan kebijakan tersebut, BKN memperkirakan persentase kelulusan PPPK Teknis dapat mencapai 69%.

Rekrutmen ASN tahun 2023 menjadi langkah strategis pemerintah dalam memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten untuk mendukung pembangunan dan pelayanan publik di berbagai sektor, terutama dalam sektor pendidikan dan kesehatan.

Baca Juga : CPNS 2023 : Pemerintah Pusat dan Daerah Buka Rekrutmen CPNS dan PPPK Tahun 2023

Pemerintah berharap rekrutmen ini akan menghasilkan ASN yang mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan profesionalisme dan integritas yang tinggi.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN