Paus Fransiskus Teteskan Air Mata di Tengah Doa Publik untuk Perdamaian di Ukraina

Paus Fransiskus Teteskan Air Mata di Tengah Doa Publik untuk Perdamaian di Ukraina
Foto: Paus Fransiskus

Bidiknews24, Madrid-Paus Fransiskus menangis di tengah doa publik untuk perdamaian di Ukraina, sehingga memicu kerumunan umat di sekitarnya bertepuk tangan memberinya kekuatan untuk menyelesaikan doa.

Muncul di dekat Spanish Steps di pusat kota Roma selama kunjungan Natal tahunan untuk menghormati patung Perawan Maria, Paus Fransiskus terlihat membungkuk dan tersedak berjuang mengendalikan emosi kesedihannya. Pemimpin Gereja Katolik Roma itu tidak dapat melanjutkan kata-katanya di tengah doa untuk Ukraina.

Saya ingin menyampaikan kepada Anda ucapan terima kasih dari orang-orang Ukraina,” ujar menurut video yang dibagikan secara luas dari agenda kunjungannya pada Kamis (8/12/2022) di Spanyol seprti dilansor Kompas.com.

Dia mulai gemetar ketika menyebutkan “orang-orang Ukraina” sampai akhirnya dia harus berhenti berbicara. Dia terdengar terisak dalam keheningan itu. Melihat momen tersebut, ribuan pejabat, pendeta, dan orang Romawi yang berkerumun di lokasi tersebut tampaknya bisa menyadari emosi kesedihan yang menyelimuti Paus.

Umat di sekitarnya kemudian bertepuk tangan sebagai tanda dukungan, mencoba memberikan kekuatan bagi pemimpin agama berusia 85 tahun itu. Setelah jeda panjang selama 30 detik, Paus Fransiskus akhirnya melanjutkan doanya.

“Untuk orang-orang Ukraina.. untuk perdamaian yang telah lama kami minta kepada Tuhan,” sambungnya dengan suara yang masih bergetar. "Walau begitu, saya harus menyampaikan kepada Tuhan permohonan anak-anak, orang tua, ibu dan ayah dan orang muda dari tanah martir itu, yang sangat menderita," tambahnya.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN