MotoGP 2023 Hadirkan Sprint Race, Ini Pengertiannya

MotoGP 2023 Hadirkan Sprint Race, Ini Pengertiannya
MotoGP 2023 Hadirkan Sprint Race

BidikNews24.com, Jakarta - Pada MotoGP 2023 nanti, akan ada format balapan baru yang bernama Sprint Race. Sprint Race adalah sebuah balapan yang lebih ringkas dari balapan utama dan akan memberikan tambahan poin pada rider di klasemen. Format baru ini diluncurkan oleh Dorna, FIM, International Road racing Team Association (IRTA), dan Motor Sport Manufacturer Association (MSMA).

Sebelumnya, format Sprint Race sudah terdengar di kalangan penggemar MotoGP pada akhir tahun 2022. Format balapan ini mirip dengan ajang F1, namun berbeda dalam cara penggunaannya di MotoGP.

Sprint Race telah digelar pada hari Sabtu sebelum sesi balapan utama di hari Minggu (02/03/2023). Sprint Race akan berlangsung setelah sesi kualifikasi 1 dan 2 selesai. Lap yang harus ditempuh dalam Sprint Race berjumlah setengah dari jumlah lap pada sesi balapan utama.

Pemenang di Sprint Race akan memperoleh 12 poin, peringkat kedua akan mendapat 9 poin, dan peringkat ketiga akan mendapat 7 poin.

Sedangkan, poin yang akan diraih oleh rider lain akan berjumlah setengah dari poin yang diraih di sesi balapan utama.

Meskipun Sprint Race tidak akan berpengaruh pada starting grid, format balapan baru ini bertujuan untuk membuat ajang MotoGP semakin semarak dan membuat penonton semakin antusias menyaksikannya. Namun, muncul pula pro dan kontra soal format baru ini.

Beberapa pebalap mengeluhkan bahwa Sprint Race akan lebih menguras tenaga dan cukup berisiko karena digelar sebelum balapan.

Namun, kehadiran format baru ini tentunya akan memberikan warna baru dan semakin menarik untuk disaksikan di MotoGP 2023.

Baca Juga : Sprint Race Pembuka MotoGP Argentina 2023, Siap-siap Tonton Aksi Seru Para Pembalap!

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN