Menunaikan Kewajiban Berzakat Fitrah di Bulan Suci Ramadan

Menunaikan Kewajiban Berzakat Fitrah di Bulan Suci Ramadan
Kewajiban Berzakat Fitrah di Bulan Suci Ramadan

BidikNews24.com, Jakarta - Bulan suci Ramadan selalu menjadi momen yang dinanti oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selain sebagai bulan puasa, Ramadan juga menjadi bulan yang penuh dengan keberkahan dan amal saleh. Salah satu amal saleh yang sangat dianjurkan untuk dilakukan pada bulan Ramadan adalah menunaikan zakat fitrah.

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap Muslim yang mampu. Zakat fitrah harus dikeluarkan pada akhir bulan Ramadan atau tepatnya sebelum sholat Idul Fitri dilaksanakan.

Besaran zakat fitrah berbeda-beda tergantung pada daerah dan keadaan setempat, namun pada umumnya zakat fitrah dikeluarkan dalam bentuk bahan pangan yang dikonsumsi sehari-hari seperti beras, gandum, kacang hijau, dan lain-lain.

Menunaikan zakat fitrah di bulan suci Ramadan memiliki banyak keutamaan.

Selain sebagai bentuk ibadah yang dianjurkan, zakat fitrah juga menjadi wujud kepedulian dan solidaritas sosial terhadap sesama Muslim yang membutuhkan.

Zakat fitrah juga dapat membantu meringankan beban hidup mereka yang kurang mampu.

Namun, seringkali kita masih menemukan sebagian umat Muslim yang enggan atau bahkan lupa untuk menunaikan zakat fitrah di bulan Ramadan.

Padahal, menunaikan zakat fitrah merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang mampu. Kita harus selalu mengingatkan diri sendiri dan orang lain tentang pentingnya menunaikan kewajiban zakat fitrah.

Baca Juga : Niat Zakat Fitrah dan Manfaatnya

Halaman1 2

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN