Menteri Kesehatan Dorong Penggunaan Transportasi Umum untuk Kurangi Polusi Udara Jakarta

Menteri Kesehatan Dorong Penggunaan Transportasi Umum untuk Kurangi Polusi Udara Jakarta
Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin

Bidiknews24.com - Menteri Kesehatan Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, telah mengambil langkah proaktif dalam upaya mengurangi polusi udara yang menghantui ibu kota, Jakarta.

ada hari Minggu, di sela-sela acara Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Jakarta Pusat, beliau menggencarkan kampanye untuk mendorong warga Jakarta beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum sebagai solusi terhadap masalah polusi udara yang semakin memburuk.

Sadikin menegaskan bahwa partisipasi masyarakat adalah kunci untuk mengatasi masalah serius ini. Ia mengajak warga Jakarta untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, seperti mobil dan sepeda motor, dan beralih ke sarana transportasi umum yang telah tersedia.

"Masyarakat dapat membantu pemerintah membersihkan udara dan menjadikannya lebih sehat dengan mengurangi penggunaan mobil dan sepeda motor," ujarnya dengan tegas.

Upaya tersebut sejalan dengan kampanye pemerintah dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dan memperbaiki kualitas udara di Jakarta, yang merupakan salah satu kota dengan tingkat polusi udara yang tinggi di dunia.

Selain mendorong penggunaan transportasi umum, Menteri Kesehatan Sadikin juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kesehatan mereka.

Dia menyarankan agar lebih banyak warga Jakarta bersepeda, berjalan kaki, dan melakukan olahraga secara teratur.

Sadikin memperingatkan bahwa banyak penyakit saat ini disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, terutama akibat pola makan berlebihan.

"Saat ini, banyak penyakit terjadi bukan karena kekurangan makanan, tetapi karena makan terlalu banyak. Bagi yang suka makan, mereka harus seimbangkan dengan banyak berolahraga seperti berjalan, berlari, atau bersepeda," tegasnya.

Menteri Kesehatan juga mengingatkan masyarakat tentang pentingnya memulai gaya hidup sehat dengan berolahraga dan mengadopsi pola makan yang seimbang.

Selain transportasi pribadi, Sadikin mencatat bahwa penyebab utama polusi udara di daerah perkotaan adalah emisi gas dari kendaraan bermotor dan operasional pembangkit listrik serta mesin industri yang menggunakan bahan bakar fosil sebagai sumber energi.

Sadikin menekankan bahwa penggunaan transportasi umum dan penerapan sumber energi bersih dalam operasional industri dapat secara signifikan mengurangi tingkat polusi udara yang merugikan kesehatan masyarakat.

Baca Juga :

Upaya ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah Indonesia dalam menghadapi tantangan polusi udara dan menjaga kesehatan warganya, sambil terus berupaya menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat untuk generasi mendatang.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN