Mengenal Sejarah Hari Gizi Nasional 2023

Mengenal Sejarah Hari Gizi Nasional 2023
Foto blogspot/ Mengenal Sejarah & tujuan Hari Gizi Nasional

Bidiknews24.com, Jakarta - Peringatan Hari Gizi Nasional, setiap tahun dirayakan pada tanggal 25 Januari. Sejarah mengenai peringatan hari gizi, dimulai sejak tahun 1950-an. 

Sejak Indonesia merdeka, ada upaya dalam meningkatkan perbaikan gizi pada masyarakat. Pada 1950 Menteri Kesehatan yang menjabat saat itu dokter Leimena mengangkat Profesor Poorwo Soedarmo sebagai Kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR) atau Instituut Voor Volksvoeding (IVV). Saat itu, IVV masih bagian dari Lembaga Penelitian Kesehatan yang dikenal sebagai Lembaga Eijckman.

Baca Juga: Hari Gizi Nasional Momentum Dorong Anak Konsumsi Protein Hewani

Lalu, pada 25 Januari 1951, LMR memulai pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan. Kehadiran sekolah ini disusul dengan munculnya pendidikan tenaga gizi di perguruan tinggi di Indonesia.

Dilansir Liputan6.com, tanggal tersebut kemudian dipilih sebagai hari peringatan dalam upaya perbaikan gizi masyarakat Indonesia lewat Hari Gizi Nasional yang disepakati bersama.

Baca Juga: Menkes Ingatkan Risiko Stunting Erat Dengan Asupan Gizi

Hari Gizi Nasional pertama kali diadakan oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR) pada pertengahan tahun 1960-an, kemudian dilanjutkan oleh Direktorat Gizi Masyarakat sejak tahun 1970-an hingga saat ini seperti mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan.

Adanya Hari Gizi Nasional bisa jadi momentum bagi banyak pihak untuk galang kepedulian serta meningkatkan komitmen berbagai pihak untuk bangun gizi bangsa Indonesia seperti disampaikan Plt. Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Kementerian Kesehatan Ni Made Diah.

"HGN ini momentum penting menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama-sama membangung gizi menuju bangsa sehat berpresastis melalui gizi seimabng dan produksi pangan berkelanjutan," kata Made Diah.

 

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN