Lobi Pemerintah Di balik Batalnya 'Drawing' Piala Dunia U-20 2023

Lobi Pemerintah Di balik Batalnya 'Drawing' Piala Dunia U-20 2023
PSSI (Foto: twitter/erickthohir)

BidikNews24.com, Jakarta – Pasca penolakan bertubi-tubi dari sejumlah kalangan terhadap kehadiran Timnas Israel dalam ajang bergengsi Piala Dunia U-20 2023, Indonesia terancam tidak bisa sebagai tuan rumah dalam pesta olahraga bertaraf internasional tersebut.

Pemerintah memalui Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), tengah gencar melalukan konsolidasi dan lobi ke pihak FIFA. Mengingat, FIFA belum lagi bersurat pasca mengumumkan pembatalan drawing pada Sabtu (26/3/2023) kemarin.

Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga mengatakan, Ketua PSSI Erick Thohir akan berkoordinasi dengan pemerintah serta akan berusaha melobi pihak FIFA, terkait dibatalkannya, drawing Piala Dunia U-20 2023 di bali Pada 31 Maret 2023.

Baca Juga: Pro Kontra Kehadiran Timnas Israel Di Ajang Piala Dunia U-20 2023

Koordinasi yang dilakukan Erick Katanya, akan dilakukan bersama Kemenlu sebagai penanggung jawab diplomasi dan Kemenpora yang berpayung menjadi INAFOC sebagai penyelenggara event. Selanjutnya, Erick akan melaporkan hal ini kepada Presiden Joko Widodo.

“ Kami berharap dan memohon pencinta sepak bola indonesia yang mau sepak bola maju untuk tetap tenang. Kami mencoba mencari solusi dan berbicara dengan FIFA dalam waktu dekat. Karena kekhawatiran kita, kita dikucilkan dalam ekosistem sepak bola dunia,” tegas Arya dalam jumpa pers yang digelar Minggu (26/3/2023) sore.

Arya mengakui, hingga saat ini belum ada surat resmi dari FIFA terkait pembatalan acara drawing tersebut. Namun informasinya sudah didapat dari panitial lokal.

“ Mengenai kapan waktu drawing dan di mana, kami belum dapat informasi dari FIFA. Saat ini kami sedang memikirkan cara bagaimana indonesia khususnya sepak bola tidak dikucilkan dalam suatu ekosistem sepak bola. Kita memang tahu sangat sulit memisahkan politik dan olahraga. Kami ingin olahraga tetap pada konteks olahraga," jelas Arya.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN