Ledakan Petasan di Kaliangkrik, Magelang : 1 Tewas, 11 Rumah Rusak Berat

Ledakan Petasan di Kaliangkrik, Magelang : 1 Tewas, 11 Rumah Rusak Berat
Foto : Ilustrasi Ledakan

BidikNews24.com, Jawa Tengah - Ledakan mematikan terjadi di Desa Giriwarno, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada Senin (27/3/2023) malam. Ledakan ini menewaskan satu orang dan merusak sebanyak 11 rumah di sekitar lokasi kejadian.

Menurut Kabid Dokes Polda Jateng, Kombes Pol Sumy Hastry Purwanti, korban ledakan tersebut adalah Mahfid (33) yang ditemukan dalam kondisi mengerikan.

Tubuhnya ditemukan dalam kondisi terpotong-potong dan kepala korban harus direkonstruksi oleh Dr. Sumy untuk mengidentifikasi korban.

Ledakan terjadi sekitar pukul 20:10 WIB saat shalat tarawih sedang berlangsung. Kepolisian Daerah Jawa Tengah mengungkapkan bahwa Mahfid memesan bahan baku kembang api seberat 7,5 kilogram untuk dicampur dan dijual.

Bahan baku tersebut termasuk belerang, aluminium, dan bahan lainnya.

Dalam penyelidikan, diketahui bahwa sumber ledakan berasal dari korban yang telah memesan bahan baku kembang api dan sedang membuatnya untuk dijual.

Polisi menemukan sebuah kantong plastik yang berisi bubuk mesiu di lokasi kejadian.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, diketahui bahwa ledakan disebabkan oleh bahan peledak rendah seperti kalium, belerang, dan aluminium.

Menurut keterangan istri korban, Mahfid telah naik ke lantai atas rumah sebelum ledakan terjadi, dilansir tribunjogja.com.

Ledakan mengakibatkan lima rumah mengalami kerusakan yang cukup parah, sedangkan enam rumah lainnya mengalami kerusakan ringan.

Tiga orang juga mengalami luka-luka dan telah dirujuk ke RSUD Magelang.

Mahfid diduga memperoleh bahan baku kembang api dari daerah Tegalrejo, dan penyelidikan mengenai seberapa lama ia telah membuat bahan-bahan tersebut masih terus berlangsung.

Kepolisian Jawa Tengah mengimbau masyarakat untuk tidak membuat atau menggunakan kembang api ilegal karena dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Dalam hal ini, Polisi Jawa Tengah sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui seluruh kronologi dari ledakan mematikan di Kaliangkrik tersebut.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN