Langkah-langkah Mudah Mencairkan Saldo JHT BPJS Tanpa Resign

Langkah-langkah Mudah Mencairkan Saldo JHT BPJS Tanpa Resign
Langkah Cairkan Saldo JHT BPJS Tanpa Resign

BidikNews24.com, Jakarta - Saldo Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS Ketenagakerjaan merupakan aset penting yang bisa dimanfaatkan untuk masa depan keuangan Anda.

Tidak hanya bisa dicairkan setelah pensiun, Anda juga bisa melakukan pencairan sebagian saldo JHT BPJS tanpa harus resign dari pekerjaan.

Ini adalah pilihan yang sangat bermanfaat untuk membantu Anda merencanakan keuangan dan mengoptimalkan manfaat yang diberikan oleh program JHT BPJS.

Berikut  ini, langkah-langkah mudah untuk mencairkan saldo JHT BPJS tanpa harus resign.

Langkah 1: Persyaratan Dokumen

Sebelum melakukan pencairan saldo JHT BPJS, pastikan Anda telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Berikut adalah dokumen yang biasanya dibutuhkan:

  • Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan
  • E-KTP
  • Buku Tabungan
  • Kartu Keluarga
  • Dokumen pendukung seperti Surat Keterangan Berhenti Bekerja, Surat Pengalaman Kerja, Surat Perjanjian Kerja, atau Surat Penetapan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) jika diperlukan.
  • NPWP (jika ada)

Langkah 2: Akses Portal Lapakasik Online

Anda dapat melakukan pencairan saldo JHT BPJS secara online melalui portal Layanan Asisten Kilat (Lapakasik) BPJS Ketenagakerjaan. Caranya adalah sebagai berikut:

Kunjungi portal layanan https://lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id/

Isi data diri Anda seperti NIK, nama lengkap, dan nomor kepesertaan.

Langkah 3: Unggah Dokumen Persyaratan

Selanjutnya, unggah semua dokumen persyaratan yang telah Anda persiapkan. Pastikan dokumen berupa file JPG, JPEG, PNG, atau PDF dengan ukuran maksimal 6MB. Jangan lupa untuk mengunggah foto diri terbaru yang tampak depan.

Langkah 4: Konfirmasi Data Pengajuan

Setelah Anda mengisi dan mengunggah data dengan benar, Anda akan mendapat konfirmasi data pengajuan. Pastikan semua informasi yang Anda berikan sudah sesuai sebelum melanjutkan.

Langkah 5: Wawancara Online

Pada langkah ini, Anda akan mendapatkan jadwal wawancara online yang akan dikirimkan melalui email. Anda akan dihubungi oleh petugas untuk melakukan verifikasi data melalui wawancara video call.

Langkah 6: Pencairan Saldo

Setelah proses wawancara selesai dan data Anda diverifikasi, saldo JHT akan dikirimkan ke rekening yang telah Anda lampirkan dalam formulir pengajuan. Anda akan mendapatkan manfaat finansial dari pencairan JHT BPJS tanpa harus resign.

Manfaat Pencairan Saldo JHT BPJS Tanpa Resign

Pencairan saldo JHT BPJS tanpa harus resign memberikan manfaat besar bagi keuangan Anda. Anda dapat menggunakan dana tersebut untuk berbagai keperluan, termasuk investasi, membayar cicilan rumah, atau memenuhi kebutuhan mendesak.

Dengan demikian, Anda dapat merencanakan masa depan keuangan Anda dengan lebih baik.

Pencairan saldo Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS tanpa harus resign adalah langkah bijak untuk merencanakan keuangan masa depan Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengakses dana JHT BPJS yang Anda miliki untuk memenuhi berbagai keperluan finansial Anda.

Pastikan Anda mempersiapkan dokumen dengan teliti dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN