Korban Longsor di Sumedang Ditemukan Tewas

Korban Longsor di Sumedang Ditemukan Tewas
Foto: Tim Sar mengevakuasi Korban Longsor

Bidiknews24.com, Sumedang - Acek (59), seorang kakek yang tertimbun material longsor di Dusun Ciseupan RT 02/04, Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ditemukan tewas, Selasa (20/12/2022) siang.

Sebelumnya, Acek dikabarkan hilang saat tebing saat tebing dengan ketinggian 15 meter dan lebar 20 meter longsor pada Senin (19/12/2022) sore sekitar pukul 16.00 WIB.

Longsor terjadi usai hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Sumedang sejak Senin siang.

Total 8 Rumah Rusak dan 215 Jiwa Mengungsi Kepala Kepolisian Resor Sumedang AKBP Indra Setiawan mengatakan, korban Acek ditemukan di sekitar kandang domba miliknya yang tertimbun material longsor.

"Sebelumnya, kami menerima informasi bahwa korban hilang di sekitar lokasi. Saat kejadian, korban hendak memberikan pakan untuk ternak domba," ujar Indra dikutip dari kepada Kompas.com.

Indra menuturkan, usai menerima laporan, tim SAR gabungan dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, dan Basarnas Bandung bergerak menuju lokasi kejadian.

"Pencarian sempat kami hentikan saat malam, karena medan lokasinya yang curam dan sulit dilalui alat berat. Pencarian kami lanjutkan tadi pagi dengan membersihkan material longsoran secara manual, karena alat berat sulit masuk ke lokasi," tutur Indra.

Indra menyebutkan, sejak melakukan pencarian tadi pagi, akhirnya membuahkan hasil. "Korban kami temukan tertimbun material longsor dalam keadaan meninggal dunia," sebut Indra.

Tim SAR gabungan telah menyerahterimakan jenazah korban kepada pihak keluarga untuk disemayamkan. "Dalam kesempatan ini, kami imbau kepada warga Sumedang untuk lebih waspada.

Tidak melakukan aktivitas di sungai maupun tebing rawan longsor saat terjadi hujan deras dengan intensitas tinggi, mengingat Sumedang ini memang daerah rawan bencana longsor dan banjir," kata Indra.


SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN