Kombes Yulius Tertangkap Kedua Kalinya Menggunakan Sabu

Kombes Yulius Tertangkap Kedua Kalinya Menggunakan Sabu
Ilustrasi Polisi Diberhentikan Dengan Tidak Hormat

BidikNews24.com - Kombes Yulius Bambang Karyanto, pejabat di Badan Pemeliharaan dan Keamanan Polri, kembali terjerat kasus narkoba setelah tertangkap menggunakan sabu untuk kedua kalinya.

Kejadian ini terjadi pada tanggal 6 Januari 2023, ketika Yulius ditangkap bersama seorang perempuan di sebuah hotel di Jakarta Utara.

Tim Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya berhasil menyita dua klip plastik berisi 0,5 gram dan 0,6 gram sabu dalam penangkapan tersebut.

Kepala Subdirektorat II Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Andi Oddang, mengonfirmasi bahwa Yulius ditangkap saat sedang menggunakan sabu untuk kedua kalinya.

Kasus ini telah mencoreng reputasi Yulius yang sebelumnya merupakan anak buah dari Kepala Baharkam Polri, Inspektur Jenderal Fadil Imran.

Pada tanggal 26 Februari 2023, Yulius telah dimutasi ke Pelayanan Markas atau Yanma oleh Kapolri sebagai tindak lanjut atas kasus narkoba yang pertama.

Majelis sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) akhirnya memutuskan untuk memberhentikan Yulius Bambang Karyanto secara tidak hormat setelah menjalani sidang etik.

Sanksi etika ini diumumkan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri, Brigadir Jenderal Ahmad Ramadhan.

Yulius dipecat sebagai anggota Polri sesuai dengan Pasal 13 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2003 tentang Pemberhentian Anggota Polri Juncto Pasal 5 ayat (1) huruf b, Pasal 8 huruf c angka 1, dan Pasal 13 huruf e Perpol Nomor 7 Tahun 2022 tentang Kode Etik Profesi dan Komisi Kode Etik Polri.

Baca Juga : Kombes Yulius Diberhentikan Tidak Dengan Hormat Akibat Kasus Narkoba

Selain sanksi etika, Yulius saat ini tengah menjalani proses sidang pidana dan telah ditahan. Kapolri menegaskan bahwa Polri tidak akan mentolerir oknum Polri yang terlibat dalam tindak pidana narkotika.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN