Kenali Bentuk Phishing Dan Cara Menghindarinya

Kenali Bentuk Phishing Dan Cara Menghindarinya
Teknik Pencurian Data Phishing, Foto: Pexel

BidikNews24.com, Jakarta - Salah satu metode yang sering digunakan untuk mencuri data pribadi adalah phishing. Phishing adalah upaya penipuan di mana pelaku berusaha untuk mengambil informasi pribadi seseorang seperti kata sandi, nomor kartu kredit, dan data lainnya dengan menyamar sebagai sumber yang terpercaya.

Phishing dapat terjadi melalui email, pesan teks, atau situs web palsu yang meniru tampilan situs web asli. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenali bentuk phishing yang ada agar dapat menjaga keamanan data pribadi kita. Berikut ini adalah beberapa bentuk phishing yang perlu diketahui:

Email Phishing

Bentuk phishing yang paling umum adalah email phishing. Email phishing biasanya berisi pesan yang terlihat seperti email yang dikirim oleh perusahaan atau sumber terpercaya lainnya. Pesan ini biasanya berisi permintaan untuk mengklik tautan atau lampiran yang disertakan dalam email.

Baca Juga : Tips Menjaga Keamanan Data Dari Serangan Cyber

Tautan atau lampiran ini akan mengarahkan pengguna ke situs web palsu yang meniru tampilan situs web asli. Di situs web palsu ini, pengguna akan diminta untuk memasukkan informasi pribadi mereka.

Smishing

Smishing adalah bentuk phishing yang menggunakan pesan teks atau SMS. Seperti email phishing, pesan teks ini biasanya berisi tautan atau nomor telepon yang mengarahkan pengguna ke situs web palsu atau meminta pengguna untuk memberikan informasi pribadi mereka melalui pesan teks.

Voice Phishing atau Vishing

Voice phishing atau vishing adalah bentuk phishing yang menggunakan panggilan telepon. Pelaku akan menyamar sebagai perusahaan atau lembaga keuangan dan meminta pengguna untuk memberikan informasi pribadi mereka melalui panggilan telepon. Bentuk ini sangat sulit untuk dikenali karena pelaku dapat meniru suara dan nama perusahaan yang sebenarnya.

Baca Juga : Mengatasi Tantangan Keamanan dalam Jaringan Seluler Generasi Baru

Spear Phishing

Halaman1 2

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN