Kebijakan "One Way" Bakal Berlaku Jelang Mudik Lebaran 2023

Kebijakan "One Way" Bakal Berlaku Jelang Mudik Lebaran 2023
Foto: Kementerian Perhubungan bakal memberlakukan kebijakan jalan satu arah (one way) di tol Trans Jawa jelang lebaran 2023

BidikNews24.com, Jakarta – Arus mudik lebaran 2023, diprediksi bakal meningkat. Potensi meningkatnya arus mudik lebaran, berdasarkan data yang disajikan Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan.

Tercatat 123,8 juta orang atau 45,8% dari penduduk Indonesia akan bepergian pada lebaran 2023. Jumlah ini naik jika dibandingkan dengan lebaran 2022 yang memiliki potensi pergerakan nasional sebanyak 85,5 juta orang atau 31,6%.

Untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik lebaran, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan bakal memberlakukan kebijakan jalan satu arah (one way) di tol Trans Jawa. Kebijakan one way ini, sebelumnya pernah dilakukan pada musim mudik lebaran 2022.

Baca Juga: Tetap Produktif Selama Bulan Suci Penuh Berkah

Kepala Subdirektorat Manajemen Keselamatan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Heri Prabowo menjelaskan, dari 123,8 juta orang tersebut, sebanyak 106 juta orang beralasan untuk pulang kampung dan 17,8 juta orang beralasan untuk tujuan liburan.

“ Melihat kemungkinan jumlah (pemudik) yang sekian besar, itu sepertinya bakal one way lagi ya," Ujar Heri seperti dilansir detik.com Jumat, (17/03/2023) Kemarin.

Selain itu kata Heri, sebanyak 22,07% atau 27,32 juta orang pemudik memilih untuk pergi menggunakan mobil pribadi.

"Diprediksi bakal ada peningkatan arus mudik. Tentu teman-teman (stakeholder) sudah menyiapkan, tidak hanya dari Kementerian Perhubungan, tapi juga ada teman-teman dari Polri, PUPR yang menyiapkan jalannya, ungkapnya.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN