Kader Nasdem Sebaiknya Mundur Dari Kabinet Sebelum Dicopot Jokowi

Kader Nasdem Sebaiknya Mundur Dari Kabinet Sebelum Dicopot Jokowi
Foto:Direktur Rumah Politik Indonesia (Fernando Ersento M. Sitorus)

Bidiknews.24.comm Jakarta-Dorongan agar Presiden Jokowi segera melakukan reshuffle terhadap para pembantunya sepertinya semakin kuat dan menjadi harapan beberapa kalangan.

Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando Ersento M. Sitorus meyakini, ada rencana Presiden  Jokowi melakukan perombakan terhadap beberapa menterinya. termasuk mencopot kader Partai Nasdem yang ada di kabinetnya dalam waktu dekat.

Menurutnya, Jokowi perlu mencari momentum untuk mengeluarkan kader Partai Nasdem yang saat ini menjadi pembantunya. agar tidak dimanfaatkan oleh Surya Paloh untuk playing victim dan seolah Partai Nasdem teraniaya karena sikap politiknya.

Sebab. Sepertinya Nasdem juga sudah mendengar tentang niatan Jokowi ingin mengeluarkan   Johnny G Plate, Syahrul Yasin Limpo dan Siti Nurbaya dari Kabinet Indonesia Maju.sehingga coba melakukan upaya untuk mempertahankan para kadernya di kabinet.

Fernando mengatakan, Jokowi sangat tepat melakukan pencopotan terhadap kader Partai Nasdem, yang sejak awal diangkat menjadi Menteri pada Kabinet Indonesia Maju tidak berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Bukan hanya karena alasan bahwa Partai Nasdem sudah tidak sejalan dengan Jokowi.

Johnny G Plate sebagai Menkominfo pada saat masa pandemi Covid-19 tidak dapat berbuat banyak membantu Presiden Jokowi sehingga banyak hoax yang beredar. Sepertinya sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate hanya berhasil membantu Surya Paloh yang memiliki usaha dalam industri penyiaran.

Begitu juga dengan Syahrul Yasin Limpo yang diberi amanat untuk melakukan swasembada pangan, namun sampai saat ini belum ada tanda-tanda ada keberhasilan Syahrul Yasin Limpo melalukan tugas tersebut.

"Saran saya, akan lebih baik bagi Partai Nasdem menarik para kadernya yang ada di kabinet sebelum Presiden Jokowi mengeluarkan mereka dari Kabinet Jokowi-Amin" ujar Fernando.

Apalagi sudah ada sosok yang tepat dipersiapkan untuk menggantikan kader Partai Nasdem tersebut di Kabinet Indonesia Maju. Misalnya seperti mantan Sekretaris Jenderal Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti salah satu yang dipersiapkan menggantikan Johnny G Plate sebagai Menkominfo. Niken merupakan sosok yang tepat menduduki posisi tersebut karena memiliki latar belakang berkarir di kementerian tersebut  dan saya yakin akan mampu bekerja jauh melampaui kinerja Johnny G Plate.

Mantan Panglima Andika Perkasa juga merupakan salah satu yang dipersiapkan menduduki posisi kursi menteri yang sebelumnya ditempati oleh kader Partai Nasdem. Tentunya Presiden Jokowi akan melihat, apakah Andika lebih tepat diposisikan sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau pada menjabat sebagai Menteri Pertanian. Tentunya ada yang menjadi target Jokowi sehingga dianggap perlu menempatkan mantan Panglima TNI tersebut pada salah satu posisi menteri.

Fernando menambahkan, tentu menjadi harapan semua, apabila dilakukan reshuffle kabinet Jokowi-Amin, kinerja para menterinya akan maksimal untuk mencapai target dan janji-janji Jokowi pada saat kampanye. Terutama kesolidan dan kekompakan para menteri tetap terjaga, apalagi sudah memasuki tahun politik.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN