Kabar Gembira: THR Idul Fitri 2023 Segera Cair

Kabar Gembira: THR Idul Fitri 2023 Segera Cair
Foto : ilustrasi THR Idul Fitri 2023

BidikNews24.com, Jakarta - Tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri 2023 untuk pegawai negeri sipil (PNS) dan aparatur sipil negara (ASN) lainnya akan segera cair. Pencairan THR PNS ini diatur melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2023 tentang THR 2023.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pencairan THR PNS mulai dilakukan 4 April 2023. Sedangkan, untuk pengajuan Surat Perintah Membayar (SPM) masing-masing Kementerian/Lembaga dan pemerintah daerah sudah bisa mengajukan sejak awal April.

Untuk tahun ini kata Sri Mulyani, besaran THR yang diberikan kepada PNS sama dengan tahun lalu yaitu menggunakan perhitungan gaji pokok, tunjangan melekat, serta tunjangan kinerja (tukin) sebesar 50 persen. Artinya, sejak pandemi covid-19 atau 2020, THR yang diterima PNS belum kembali normal atau 100 persen.

Baca Juga: Simak! Besaran THR 2023 Diterima PNS & Pensiunan

"K/L dapat segera mengajukan surat perintah membayar ke kantor pelayanan perbendaharaan negara," Jelas sri Mulyani dalam konferensi pers seperti dilansir CNN Indonesia, Rabu (29/3) kemarin.

Sri Mulyani menambahkan, Pemerintah juga memberikan THR spesial pada guru dan dosen tahun ini. Guru dan dosen yang tidak mendapatkan tukin atau tambahan penghasilan, akan diberikan tunjangan profesi sebesar 50 persen.

"Yang beda, tahun ini kita tambahkan pada pembayaran THR ke guru dan dosen yang tak mendapat tunjangan kinerja atau tambahan penghasilan adalah mereka akan diberikan 50 persen tunjangan profesi guru dan dosen," Ungkapnya.

Secara umum, komponen THR bagi guru dan dosen sama dengan ASN, TNI-Polri serta pensiunan, yaitu gaji pokok ditambah tunjangan melekat pada gaji.

Untuk diketahui, Pemerintah sudah menyiapkan anggaran Rp 38,9 triliun untuk pencairan THR PNS & ASN lain, yang telah teralokasi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) TA 2023.

                                       

 

 

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN