Jokowi Tinjau Kesiapan Pelabuhan Merak Hadapi Arus Mudik Lebaran

Jokowi Tinjau Kesiapan Pelabuhan Merak Hadapi Arus Mudik Lebaran
Foto: depok.tribunnews.com/ Presiden Jokowi Tinjau Pelabuhan Merak, Banten, Jelang Mudik Lebaran 2023

BidikNews24.Com, Jakarta - Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan, guna mengantisipasi lonjakan arus mudik lebaran 2023. Berbagai langkah preventif telah disiapkan pemerintah, salah satunya memastikan sejumlah pelabuhan penyeberangan harus dalam keadaan siap mengantisipasi lonjakan penumpang.

Untuk memastikan kesiapan otoritas pelabuhan penyeberangan, Presiden Joko Widodo meninjau langsung Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten pada Selasa, (11/ 04/ 2023). Presiden Jokowi ingin memastikan bahwa kesiapan dan desain besar perencanaan arus mudik pada tahun ini dapat berjalan dengan baik.

“Jadi mengacu kepada masalah yang terjadi pada arus mudik pada tahun yang lalu, utamanya di jalan tol dan juga di Pelabuhan Merak, saya hadir di sini untuk memastikan bahwa persiapan-persiapan, desain perencanaan itu betul-betul sudah pada posisi yang siap,” ujar Jokowi seperti dilansir melalui laman resmi presidenri.go.id pada selasa, (11/4/2023).

Baca Juga:Jokowi: Pergerakan Pemudik Harus Diantisipasi Dengan Baik

Presiden Jokowi meminta seluruh jajarannya untuk menghitung secara detail perencanaan arus mudik tahun ini yang diperkirakan jumlah pemudiknya meningkat dari 86 juta ke 123 juta. Presiden berharap problem yang terjadi pada mudik tahun lalu seperti kemacetan di ruas Cikuasa Atas dan Cikuasa Bawah tidak terjadi lagi pada tahun ini.

“Saya ingatkan semuanya yang ingin mudik hati-hati, ada lompatan yang besar jumlah masyarakat yang mudik, dari 86 juta dari survei ini, ke 123 juta. Artinya ada kenaikan kurang lebih 45 persen. Ini yang semuanya harus dihitung, dikalkulasi, sehingga tadi saya menanyakan secara detail karena tidak ingin kejadian tahun yang lalu terjadi pada tahun ini,” ungkapnya.

Presiden pun mengapresiasi sejumlah upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan di Pelabuhan Merak, antara lain dengan penambahan pelabuhan dermaga di Pelabuhan Bojonegara (PT BBJ) dan Pelabuhan Ciwandan. Dengan penambahan dua dermaga tersebut, kapasitas penumpang bertambah dari 34 ribu menjadi 49 ribu.

Di samping itu, Presiden Jokowi pun mengimbau seluruh pemudik yang ingin menyeberang lewat Pelabuhan Merak untuk memesan tiket terlebih dahulu melalui e-ticketing. Menurutnya, salah satu hal yang cukup mengganggu pada tahun lalu adalah penumpang tanpa tiket.

“Tahun yang lalu ini sangat mengganggu yang tidak pegang tiket. Semuanya harus pegang tiket sebelum masuk ke Pelabuhan Merak,” kata Jokowi.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN