Jokowi: Pergerakan Pemudik Harus Diantisipasi Dengan Baik

Jokowi: Pergerakan Pemudik Harus Diantisipasi Dengan Baik
Foto: medcom.id/ Pelabuhan Merak, Banten

BidikNews24.Com, Jakarta - Arus mudik lebaran 2023 sebentar lagi akan berlangsung. Pemerintah pun mulai menyiapkan berbagai fasilitas agar mudik tahun ini dapat berjalan dengan lancar.

Presiden Jokowi meminta lonjakan pergerakan masyarakat yang akan mudik pada tahun ini dapat diantisipasi dengan baik. Ia mengingatkan sejumlah masalah seperti kekurangan kapasitas dan jumlah kapal tidak terjadi lagi pada arus mudik dan balik tahun ini.

"Hati-hati, tahun ini ada lompatan yang besar dengan jumlah masyarakat yang mudik. Dari 86 juta, ke 123 juta dari survey. Artinya ada kenaikan kurang lebih 45 persen. Ini harus dihitung dan dikalkulasi dengan baik. Saya tidak ingin kejadian tahun lalu kembali terjadi pada tahun ini," ujar Presiden Jokowi seperti dilansir melalui laman resmi dephuh.go.id pada selasa, (11/4/2023).

Baca Juga: Jokowi Tinjau Kesiapan Pelabuhan Merak Hadapi Arus Mudik Lebaran

Presiden juga mengapresiasi adanya manajemen pengaturan di lapangan seperti, penambahan pelabuhan yaitu Ciwandan dan Bandar Bakau Jaya (BBJ), serta pemisahan jenis kendaraan yang akan masuk ke pelabuhan (Pelabuhan Merak khusus mobil dan bus dan Pelabuhan Ciwandan khusus sepeda motor dan angkutan barang).

 “Sehingga kapasitas di pelabuhan bisa meningkat dari 34 ribu kendaraan per hari menjadi 49 ribu kendaran per hari,” ungkapnya.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan kepada masyarakat yang akan mudik menggunakan Angkutan Penyeberangan di Merak-Bakauheni, agar sudah membeli tiket secara daring/online. 

“Tahun lalu sangat mengganggu (kelancaran) yang belum pegang tiket. Jadi sekarang semuanya harus sudah pegang tiket sebelum masuk ke Pelabuhan Merak,” kata Jokowi.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN