Jeff Beck, Legendaris Rock and Roll dengan supergrup 1960-an The Yardbirds

Jeff Beck, Legendaris  Rock and Roll dengan supergrup 1960-an The Yardbirds
Foto Billboard/ Jeff Beck, gitaris legendaris yang menjadi bintang rock and roll dengan supergrup 1960-an.

Keluarga mengatakan Beck meninggal setelah “tiba-tiba tertular bakteri meningitis”.

“Atas nama keluarganya, dengan kesedihan mendalam dan mendalam kami berbagi kabar meninggalnya Jeff Beck. Setelah tiba-tiba tertular bakteri meningitis, dia meninggal dengan damai kemarin,” demikian pernyataannya seperti dikutip dari Channelnewsasia, Kamis (12/1).

“Keluarganya meminta privasi sementara mereka memproses kehilangan yang luar biasa ini,” sambungnya.

Kematian Beck dengan cepat bergema di seluruh dunia musik, dengan penghormatan mengalir dari ikon rock seperti Ozzy Osborne, yang pernah berkolaborasi dengan Beck, dan penyanyi utama Kiss Gene Simmons, yang menyebut kematian Beck “memilukan”.

“Tidak ada yang bermain gitar seperti Jeff,” tulis Simmons di Twitter.

Baca Juga: Dewa Gitar dari Inggris Jeff Beck meninggal dunia

“Tolong dapatkan dua album pertama Jeff Beck Group dan lihatlah kehebatannya. RIP.”

Beck sudah melakukan rekaman rock perintis pada saat dia dipekerjakan oleh the Yardbirds, pada tahun 1965 segera setelah kepergian salah satu gitaris bintang band, Eric Clapton. Pada tahun 1966 dia dipasangkan di Yardbirds dengan Page sesama penyihir gitar.

Setahun kemudian, Beck membentuk bandnya sendiri, the Jeff Beck Group, yang dengan cepat mendapat pujian luas. Berasal dari Wallington, Inggris, Beck memenangkan penghargaan Grammy pertamanya pada tahun 1985 dengan Escape instrumental.

Dia dilantik ke Rock & Roll Hall of Fame dua kali pada tahun 1992, untuk karyanya dengan Yardbirds dan sebagai pemain solo pada tahun 2009. Pada 2015, majalah Rolling Stone menempatkan Beck di nomor lima dalam daftar 100 gitaris terhebat sepanjang masa.

Pada tahun 2022, dia merilis album terakhirnya, 18, kumpulan 13 lagu yang sebagian besar merupakan lagu cover, dengan bintang Hollywood Johnny Depp. “Kami perlahan membuat lagu yang kami sukai. Kami tidak benar-benar membuat desain apa pun,” kata Beck saat itu.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN