Jaga Kualitas Udara Jakarta, Menhub Ajak Gunakan Kendaraan Listrik

Jaga Kualitas Udara Jakarta, Menhub Ajak Gunakan Kendaraan Listrik
Menhub Ajak Masyarakat Gunakan Kendaraan Listrik (Foto: BKIP Kemenhub)

BidikNews24.com, Jakarta - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengajak masyarakat untuk aktif mengadopsi kendaraan listrik sebagai solusi untuk memperbaiki kualitas udara, terutama di wilayah perkotaan seperti Jakarta.

Menurutnya, kontribusi kendaraan bermotor berbahan bakar fosil terhadap polusi udara mencapai lebih dari 50 persen.

Terutama setelah pandemi Covid-19, aktivitas masyarakat yang semakin pulih menyebabkan peningkatan polusi di Jakarta.

Oleh karena itu, Budi Karya Sumadi mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Dengan penggunaan yang masif, diharapkan polusi udara di kota-kota besar dapat berkurang secara signifikan.

Dalam sebuah acara Fun Ride yang diadakan oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) di Jakarta, Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa industri sepeda motor listrik, baik kendaraan baru maupun konversi, terus diberikan akselerasi oleh pemerintah.

Kebijakan yang diterapkan, seperti Permenhub Nomor PM 39 Tahun 2023 tentang Konversi Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai, bertujuan untuk menjaga aspek keselamatan motor listrik hasil konversi.

Baca Juga : Kendaraan Listrik Solusi Perbaiki Air Quality Index Jakarta

Ini merupakan bagian dari upaya percepatan dalam meningkatkan ekosistem sepeda motor listrik dengan meningkatkan pelayanan pengujian tipe sepeda motor konversi.

Budi Karya Sumadi juga menegaskan pentingnya mengubah kendaraan bermotor berbasis bahan bakar menjadi kendaraan listrik melalui konversi.

Meskipun motor listrik baru memiliki performa yang baik, konversi menjadi fokus karena jumlah motor berbasis bahan bakar yang sudah ada sangat besar.

Dia juga menyarankan agar produsen kendaraan listrik membuat spesifikasi baterai yang standar, sehingga memudahkan masyarakat dalam penggunaan.

Diharapkan ekosistem kendaraan listrik terus dikembangkan untuk meningkatkan kualitas kendaraan listrik dengan harga yang terjangkau.

Budi Karya Sumadi optimistis bahwa dengan pertumbuhan industri nikel di Indonesia, harga kendaraan listrik dapat semakin terjangkau.

Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI), Budi Setiadi, juga berperan aktif dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

Dalam upayanya untuk mengurangi polusi udara di Jakarta, AISMOLI mendukung pemerintah dengan mengajak masyarakat beralih ke kendaraan listrik.

AISMOLI juga mendorong para pelaku industri kendaraan listrik untuk memproduksi kendaraan sesuai dengan kebutuhan.

Mereka mengapresiasi berbagai program pemerintah, seperti program konversi kendaraan berbahan bakar menjadi kendaraan listrik, yang telah terbuka bagi masyarakat luas.

Informasi terbaru menunjukkan bahwa per tanggal 10 Agustus 2023, terdapat 183 unit sepeda motor konversi dan 59.388 unit sepeda motor listrik baru yang telah mendapatkan sertifikat uji tipe dan sertifikat registrasi uji tipe.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno dan Dirut PLN Darmawan Prasodjo.

Semua upaya ini diharapkan dapat mendorong perubahan menuju penggunaan kendaraan listrik yang lebih luas, untuk menjaga lingkungan dan kualitas udara yang lebih baik di perkotaan.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN