Ini Seri Handphone Vivo dan Samsung yang Rawan Diretas

Ini Seri Handphone Vivo dan Samsung yang Rawan Diretas
Ilustrasi Handphone Samsung

BidikNews24.com, Jakarta - Dalam era digital saat ini, penggunaan handphone semakin meningkat dan semakin memudahkan hidup kita. Namun, ada risiko keamanan yang terkait dengan penggunaan handphone yang harus diperhatikan, seperti rawan diretas.

Beberapa seri handphone dari merek Vivo dan Samsung diketahui memiliki kerentanan keamanan yang rawan diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pertama, seri handphone Vivo V15 Pro dilaporkan memiliki kerentanan keamanan yang dapat memungkinkan peretas untuk mengakses dan membaca file pribadi pengguna tanpa sepengetahuan mereka.

Masalah keamanan ini terletak pada penggunaan teknologi pemindaian sidik jari yang rentan terhadap serangan hacker. Seorang peretas yang terampil dapat mengambil data sidik jari dari telepon dan menggunakan data tersebut untuk mengakses ponsel yang dienkripsi dan data yang terkunci.

Vivo sendiri telah merilis pembaruan perangkat lunak untuk mengatasi masalah ini, namun pengguna diharapkan untuk selalu memastikan bahwa perangkat mereka selalu diperbarui dengan versi perangkat lunak terbaru untuk menghindari kerentanan keamanan.

Baca Juga : Xiaomi Redmi Note 12 Series Hadir di Indonesia 30 Maret

Kedua, seri handphone Samsung Galaxy S8 dan S9 juga ditemukan memiliki masalah keamanan yang serupa. Keduanya diketahui memiliki celah dalam sistem keamanan yang dapat memungkinkan peretas untuk mengakses perangkat dengan mudah dan membaca data pribadi pengguna, termasuk foto dan dokumen yang sensitif.

Peretas dapat memanfaatkan celah keamanan ini untuk mencuri informasi yang sensitif dan mengakses informasi perbankan atau informasi kartu kredit pengguna.

Baca Juga : Samsung Galaxy A54 dan A34 5G Resmi Diluncurkan : Spesifikasi dan Fitur Unggulan

Namun, Samsung telah merilis beberapa pembaruan keamanan untuk mengatasi masalah ini dan memperbaiki celah keamanan yang terkait. Samsung juga merekomendasikan kepada pengguna untuk selalu memperbarui perangkat mereka dengan versi perangkat lunak terbaru, serta menginstal aplikasi keamanan dan anti-virus untuk melindungi perangkat mereka dari ancaman keamanan.

Untuk menghindari risiko keamanan yang terkait dengan penggunaan handphone, pengguna harus selalu memperbarui perangkat mereka dengan versi perangkat lunak terbaru, menggunakan aplikasi keamanan dan anti-virus, serta tidak mengunduh aplikasi atau file dari sumber yang tidak terpercaya.

Selalu pastikan bahwa perangkat Anda dilindungi dengan baik dan selalu berhati-hati saat menggunakan handphone Anda.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN