Harga Sejumlah Komoditas Pangan Melonjak di Awal Ramadan

Harga Sejumlah Komoditas Pangan Melonjak di Awal Ramadan
Harga Sejumlah Komoditas Pangan Melonjak di Awal Ramadan

BidikNews24.com, Jakarta – Lonjakan harga sejumlah komoditas pangan di sejumlah pasar, kerap terjadi setiap tahun selama bulan Ramadan. Sebagian besar komoditas pangan telah menunjukkan tren kenaikan harga. Misalnya, harga beras, bawang merah, bawang putih, cabai, telur ayam, hingga minyak terpantau naik signifikan.

Beberapa faktor penyebab diantaranya, meningkatnya permintaan, pasokan persediaan yang terganggu, hingga penimbunan barang yang diduga dilakukan segelintir pihak untuk meraup untung di bulan suci.

Terpantau, kenaikan berkisar 0,36 sampai 5,35%, tergantung jenis pangan. Kenaikan harga tertinggi adalah ikan bandeng, naik 5,35% jadi Rp 34.830 per kg. Dan terendah tepung terigu curah naik 0,36% jadi Rp11.260 per kg.

Baca Juga: Harga Sejumlah Bahan Pangan Pokok Terpantau Naik

Vera Ismainy, Media Relations Manager Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) mengatakan, lonjakan harga di setiap jelang Ramadan sampai Lebaran salah satunya disebabkan kenaikan permintaan.

Ramadan kali ini katanya, tak berbeda dengan tahun sebelumnya. Di mana permintaan meningkat untuk memasok kebutuhan sahut dan berbuka puasa.

"Di dalam bulan Ramadan, logika penghematan konsumsi tidak berlaku. Sekalipun masyarakat mengurangi konsumsi di siang hari, peningkatan konsumsi di waktu sahur dan berbuka mampu meningkatkan konsumsi lebih dari 30%," kata Vera seperti dilansir CNBC Indonesia, dikutip Senin (20/3/2023).

Selain itu, produktivitas pangan Indonesia secara umum juga belum optimal. Disisi lain, beberapa faktor eksternal yang menyebabkan lonjakan harga kebutuhan pokok seperti, perubahan iklim, naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) yang berdampak pada bertambahnya biaya transportasi, juga sudah terjadi sebelum memasuki fase ini.

"Siklus ini selalu terjadi menjelang Ramadan dan Lebaran dan juga Natal dan Tahun Baru. Faktor budaya di mana hari raya menjadi momen untuk berkumpul dan merayakan kebersamaan dengan keluarga juga menjadi tambahan," jelasnya.

 

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN