Google Hadirkan Fitur Generative AI di Gmail dan Google Docs

Google Hadirkan Fitur Generative AI di Gmail dan Google Docs
Ilustrasi Search Engine Google

BidikNews24.com, Jakarta - Google baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan mengimplementasikan teknologi generative AI pada aplikasi Gmail dan Google Docs. Teknologi generative AI memungkinkan mesin untuk menghasilkan konten yang mirip dengan konten manusia.

Penerapan teknologi ini di Gmail akan memungkinkan pengguna untuk membuat pesan email yang lebih efisien dan akurat. Misalnya, ketika seorang pengguna mengetik pesan email.

Google akan memberikan saran kata dan frasa yang dapat dipilih oleh pengguna untuk membuat pesan email lebih terstruktur dan jelas.

Selain itu, teknologi generative AI juga dapat membantu pengguna untuk memperbaiki tata bahasa dan ejaan pada pesan email.

Baca Juga : Hati-hati! Tautan Berbahaya yang Harus Dihindari untuk Melindungi Data Pribadi Anda

Pada Google Docs, teknologi generative AI akan memungkinkan pengguna untuk menghasilkan dokumen yang lebih cepat dan efisien.

Dalam hal ini, mesin akan memberikan saran untuk menambahkan konten pada dokumen, seperti judul, subjudul, dan paragraf.

Selain itu, teknologi ini juga dapat membantu pengguna untuk memperbaiki tata bahasa, ejaan, dan gaya penulisan pada dokumen.

Namun, implementasi teknologi generative AI pada aplikasi Gmail dan Google Docs juga menimbulkan beberapa kekhawatiran. Beberapa ahli khawatir bahwa teknologi ini dapat menimbulkan masalah privasi dan keamanan.

Misalnya, jika mesin dapat menghasilkan konten yang sangat mirip dengan konten manusia, maka hal ini dapat menimbulkan masalah keamanan seperti penipuan dan serangan siber.

Selain itu, beberapa ahli juga mengkhawatirkan kemungkinan terjadinya bias pada teknologi generative AI. Teknologi generative AI didasarkan pada data yang dikumpulkan dari manusia, sehingga mesin cenderung menghasilkan konten yang didasarkan pada data yang diberikan.

Baca Juga : Serangan Ransomware: Cara Menghindari dan Mengatasi

Jika data yang digunakan memiliki bias tertentu, maka teknologi generative AI juga dapat menimbulkan bias pada konten yang dihasilkan.

Secara keseluruhan, implementasi teknologi generative AI pada aplikasi Gmail dan Google Docs dapat memberikan manfaat besar bagi pengguna, seperti efisiensi dan akurasi yang lebih baik.

Namun, Google juga harus memperhatikan kekhawatiran privasi, keamanan, yang mungkin timbul dari penggunaan teknologi ini.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN