Gempa Bumi Magnitudo 5.9 Guncang Banten, BMKG Pastikan Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Bumi Magnitudo 5.9 Guncang Banten, BMKG Pastikan Tidak Berpotensi Tsunami
Gempa Bumi Magnitudo 5.9 Guncang Banten

BidikNews24.com, Jakarta - Pada Kamis (17/8/2023) siang WIB, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadinya gempa bumi di wilayah Banten. Gempa ini terjadi sekitar pukul 11.28 WIB, dengan pusat gempa berlokasi sekitar 96 kilometer di barat daya Muara Binuangeun, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Meskipun memiliki kekuatan yang signifikan, gempa ini memiliki magnitudo 5.9 dan terjadi pada kedalaman 60 kilometer, dengan koordinat 7,62 lintang selatan dan 105,51 bujur timur.

BMKG melalui rilis resminya menyatakan bahwa gempa ini tidak berpotensi memicu tsunami, memberikan ketenangan kepada masyarakat.

Meskipun informasi awal diungkapkan dengan cepat, BMKG juga mengingatkan bahwa hasil pengolahan data masih belum stabil dan bisa mengalami perubahan seiring kelengkapan data yang lebih lengkap.

Meskipun demikian, warganet di berbagai platform media sosial menunjukkan reaksi cemas terhadap gempa ini. Beberapa laporan dari warganet mencatat bahwa mereka merasakan getaran akibat gempa dari berbagai wilayah.

Di tengah kekhawatiran tersebut, BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi.

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban akibat gempa ini. BMKG tetap mengawasi situasi dan memberikan informasi yang terbaru kepada masyarakat sehubungan dengan perkembangan situasi gempa bumi tersebut.

Warganet di berbagai platform media sosial juga berbagi pengalaman mereka merasakan gempa. Banyak dari mereka merasa terkejut dan panik, tetapi ada juga yang mencoba untuk tetap tenang dan berbagi pesan keselamatan kepada sesama warganet.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN