Gempa Bumi Berkekuatan M 7,3 Guncang Sumbar

Gempa Bumi Berkekuatan M 7,3 Guncang Sumbar
Foto: news.republika.co.id/ Gempa Bumi Berkekuatan M 7,3 Guncang Sumbar.

BidikNews24.com, Jakarta - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,3, kembalu mengguncang Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), pada Selasa (25/4/2023) pukul 03.00 WIB. Gempa kuat dengan durasi selama kurang lebih 30 detik itu,  menyebabkan warga panik dan berlarian keluar.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi tsunami.

Getaran gempa turut dirasakan cukup keras oleh warga di Desa Simalegi, Kecamatan Siberut Barat, Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat.
Pascagempa, kini para warga di wilayah pulau itu tengah berada di pengungsian.

Baca Juga: 7 Kali Terjadi Gempa Susulan Pasca-Gempa Mentawai M 6,9

"Insya Allah guncangannya dahsyat, pada saat sekarang ini kita bersama masyarakat lainnya lagi berada di pengungsian," ujar Canisius Farhan, petugas Satpol PP di Desa Simalegi, Siberut Barat, seperti dilansir CNNIndonesia.com.

Canisius mengatakan, hingga kini belum mengetahui seberapa besar dampak kerusakan bangunan akibat gempa ini. Terlebih saat ini kondisi di lokasi Mentawai tengah diguyur hujan deras disertai angin kencang.

"Rencananya besok akan kita informasikan masalah bangunan atau kerugian material. Kita akan turun dulu melihat kondisi bangunan atau juga masyarakat di tempat pengungsian titik dua," ungkapnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut terjadi pada pukul 03.00 WIB. Gempa sempat memicu peringatan dini tsunami. Peringatan itu pun telah diakhiri, dan BMKG mencatat ada tsunami terjadi setinggi 11 cm di Nias Selatan, Pulau Tanabala, Sumatera Utara.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN