Fenomena Gelombang Panas Landa Sejumlah Negara Di Asia

Fenomena Gelombang Panas Landa Sejumlah Negara Di Asia
Foto: news.detik.com/ Fenomena Gelombang Panas Landa Sejumlah Negara Di Asia.

BidikNews24.com, Jakarta - Dunia tengah dilanda fenomena alam gelombang panas ekstrim, terutama gelombang panas terjadi di sejumlah Negara Asia. Gelombang panas yang ditandai dengan cuaca bak "neraka", bahkan telah menelan korban jiwa.

Dilansri tribunjatim.com, beberapa negara Asia tengah dilanda fenomena gelombang panas, termasuk, India. Fakta mengejutkan bahwa gelombang panas di India diprediksi terjadi dalam kurun waktu yang panjang.

Berdasarkan laporan Departemen Meteorologi India (IMD), durasi gelombang panas ekstrem di negara itu akan bertambah panjang pada 2060.

Sementara dilaporkan The Free Press Journal, Rabu (26/4/2023), IMD mengeluarkan laporan terbaru berjudul Proses dan Prediksi Gelombang Panas dan Dingin di India pada Selasa (25/4/2023).

Laporan tersebut mengatakan sebagian besar wilayah India, termasuk di kawasan semenanjung dan pantai, akan mengalami peningkatan durasi gelombang panas menjadi 12 hingga 18 hari pada 2060.

Laporan itu merekomendasikan rencana respons komprehensif untuk gelombang panas yang mencakup strategi adaptasi berbasis budaya, kelembagaan, teknologi dan ekosistem.

Rekomendasi dalam laporan itu meliputi peningkatan bangunan India melalui ventilasi dan isolasi.

Selain itu, meningkatkan kesadaran tentang tekanan panas, memodifikasi jadwal kerja, menawarkan peringatan dini, dan mengembangkan tempat perlindungan yang sejuk.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN