Empat Tahun Tanpa Kenaikan, Presiden Umumkan Kenaikan Gaji PNS

Empat Tahun Tanpa Kenaikan, Presiden Umumkan Kenaikan Gaji PNS
Presiden Umumkan Kenaikan Gaji PNS

BidikNews24.com, Jakarta - Setelah empat tahun lamanya tanpa kenaikan gaji, ASN di seluruh negeri diberikan kabar baik oleh Presiden Joko Widodo, atau yang lebih akrab disapa Jokowi.

Pengumuman penting ini dijadwalkan untuk disampaikan dalam Pidato Kenegaraan pagi hari atau mungkin dalam Pidato Pengantar Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN 2024) pada pukul 13.50 WIB.

Momentum bersejarah ini tidak hanya menandai peningkatan gaji ASN, tetapi juga mencerminkan komitmen pemerintah untuk memperbaiki kondisi keuangan para abdi negara.

Menyusul empat tahun masa 'puasa' gaji, peningkatan ini diharapkan dapat memberikan kesejahteraan lebih kepada ASN yang telah berkontribusi dalam pelayanan publik.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi telah meminta dirinya dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, untuk melakukan perhitungan anggaran yang tepat guna mendukung kenaikan gaji ini.

Kecukupan anggaran menjadi pertimbangan utama dalam mengambil langkah ini, termasuk bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang juga akan merasakan dampak positif dari keputusan ini.

Langkah untuk melakukan perhitungan kenaikan gaji PNS juga telah disorot dalam waktu sebelumnya. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, telah menjelaskan hal ini setelah rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR terkait Rancangan APBN 2023 pada bulan Mei 2023.

Namun, dalam delapan tahun masa kepemimpinan Presiden Jokowi, pengumuman kenaikan gaji PNS menjadi suatu hal yang jarang terjadi. Selama periode ini, kenaikan gaji ASN hanya terjadi dua kali.

Bahkan, dalam Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) 2023, tidak ada indikasi mengenai peningkatan gaji PNS.

Kenaikan gaji yang telah dinanti-nantikan ini juga membangkitkan perbincangan mengenai golongan gaji PNS. Berdasarkan besaran gaji selama empat tahun terakhir, gaji ASN dibagi dalam empat golongan dengan beberapa sub-golongan.

Mulai dari Golongan I hingga Golongan IV, masing-masing golongan memiliki rentang gaji yang berbeda-beda, dengan beberapa sub-golongan yang semakin tinggi memiliki gaji yang lebih besar.

Pengumuman peningkatan gaji ASN oleh Presiden Jokowi pada tanggal 16 Agustus 2023, merupakan langkah penting dalam memperbaiki kesejahteraan para abdi negara yang telah berjuang dalam melayani masyarakat Indonesia.

Peningkatan ini diharapkan dapat memberikan dorongan semangat bagi ASN untuk terus memberikan kontribusi terbaik dalam pelayanan publik.

Dengan perhatian yang lebih besar terhadap kesejahteraan ASN, diharapkan akan terjadi peningkatan dalam kualitas pelayanan yang diberikan kepada rakyat.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN