Elektabilitas Anies Masuk 3 Besar Capres Terkuat Di 2024

Elektabilitas Anies Masuk 3 Besar Capres Terkuat Di 2024
Foto: Elektabilitas Anies Baswedan Masuk 3 Besar Capres Terkuat Di 2024

BidikNews24.com, Jakarta – Elektabilitas masing-masing Calon Presiden (Capres), menjadi salah satu indikator dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Elektabilitas yang tinggi, diyakini bakal membuka lebar jalan menuju kemenangan pada kontestasi Pilpres 2024 nanti.

Sejumlah Lembaga Survei telah merilis hasil survei terbaru periode Januari hingga Februari 2023. Hasilnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, masih menempati posisi ketiga sebagai Calon Presiden (Capres) terkuat di 2024.

Meski demikian, sejumlah Lembaga Survei ini melansir, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, masih mendominasi di posisi teratas, disusul Ketua Umum Partai Gerinda, Prabowo Subianto yang menempati urutan kedua.

Baca Juga: Elektabilitas Ganjar dan Prabowo Meroket

Misalnya, Lembaga Media Survei Nasional (Median) merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas Capres pada 28 Februari 2023 menyebutkan, calon presiden yang diusung oleh Partai Nasdem, PKS dan Demokrat, Anies Baswedan berada di urutan ketiga dengan prosentase elektabilitas sebesar 17,9 persen.

Capres yang menempati urutan pertama yakni, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan elektabilitas sebesar 20,5 persen. Sementara posisi kedua disusul Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang mendulang elektabilitas sebesar 18,9 persen.

Dilansir Liputan6.com, pada 22 Februari 2023 Litbang Kompas juga merilis hasil survei terbarunya yang menyebutkan, Anies Baswedan berada di urutan ketiga dengan elektabilitas 13,1 persen.

Hasil Survei Litbang Kompas juga merilis, Capres yang menempati posisi pertama yakni, Ganjar Pranowo dengan perolehan angka 25,3 persen, disusul Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto di urutan kedua dengan perolehan angka 23,3 persen.

Sementara itu, hasil survei yang disajikan Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 22 Januari 2023 menyebutkan, elektabilitas Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meroket hingga menempati urutan kedua dengan perolehan angka 24,2 persen.

Sedangkan elektabilitas Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto yang sebelumnya menempati posisi kedua, sedikit anjlok hingga berada pada posisi ketiga dengan perolehan angka 23,2 persen.

Hasil survei LSI juga menyebutkan, posisi elektabilitas tertinggi masih dipimpin  Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan perolehan angka 36,3 persen.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN