Doa Niat Mandi Wajib Sebelum Puasa, Tata Cara dan Arti Doa

Doa Niat Mandi Wajib Sebelum Puasa, Tata Cara dan Arti Doa
Ilustrasi Doa (Foto : Pexel)

BidikNews24.com, Jakarta - Mandi wajib atau mandi junub merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan ibadah shalat, termasuk dalam menjalankan puasa Ramadhan. Sebelum melakukan mandi wajib, ada doa niat yang harus dibaca agar ibadah tersebut sah dan diterima di sisi Allah SWT.

Doa niat mandi wajib puasa Ramadhan adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الْأَكْبَرِ فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى

"Nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbari fardhan lillahi ta’ala"

Artinya: "Aku berniat mandi wajib untuk menghilangkan hadas besar karena kewajiban kepada Allah SWT."

Dalam bahasa Arab, mandi wajib disebut sebagai "ghusl" yang memiliki arti membersihkan diri dengan air atau mandi secara menyeluruh. Mandi wajib harus dilakukan ketika seseorang telah mengalami hadats besar, yaitu keadaan dimana seseorang mengalami keluarnya mani, bersetubuh, haid, melahirkan, atau masuk Islam.

Puasa Ramadhan adalah salah satu ibadah yang sangat ditekankan dalam agama Islam. Oleh karena itu, untuk menjalankan puasa dengan baik dan benar, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya adalah mandi wajib.

Mandi wajib ini harus dilakukan sebelum fajar atau sebelum memulai waktu puasa, agar ibadah puasa yang dilakukan menjadi sah dan diterima oleh Allah SWT.

Dalam melaksanakan mandi wajib, selain membaca doa niat di atas, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama, basuh tangan sampai ke pergelangan tangan sebanyak tiga kali. Kedua, bilas mulut dengan air sebanyak tiga kali.

Ketiga, bersihkan hidung dengan air sebanyak tiga kali. Keempat, basuh wajah sebanyak tiga kali, dan kelima, basuh kedua tangan sampai siku sebanyak tiga kali.

Halaman1 2

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN