Doa Memohon Ampunan dan Kebahagiaan di Malam Lailatul Qadar

Doa Memohon Ampunan dan Kebahagiaan di Malam Lailatul Qadar
Doa Malam Lailatul Qadar

BidikNews24.com, Jakarta - Malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa bagi umat Muslim karena pada malam tersebut Allah SWT menurunkan Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW. Selain itu, pada malam ini juga terdapat banyak keutamaan dan pahala yang besar bagi yang melaksanakan ibadah dengan ikhlas dan tulus.

Salah satu ibadah yang dapat dilakukan di malam Lailatul Qadar adalah berdoa. Berdoa merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon ampunan serta kebahagiaan di dunia dan akhirat. Berikut ini adalah beberapa doa yang dapat dibaca di malam Lailatul Qadar:

Doa Istighfar

Doa Istighfar adalah doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca di malam Lailatul Qadar. Doa ini berisi permohonan ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Dengan membaca doa ini dengan ikhlas dan tulus, diharapkan kita akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

"Allahumma anta Rabbi, la ilaha illa anta, khalaqtani wa ana abduka, wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mastata'tu, a'udhu bika min sharri ma sana'tu, abu'u laka bini'matika 'alayya, wa abu'u bidhanbi faghfir li, fa innahu la yaghfiru adhdhunuba illa anta."

Artinya: "Ya Allah, Engkau adalah Rabb-ku, tidak ada ilah yang berhak disembah selain Engkau, Engkau menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu, aku berpegang pada perjanjian dan janji-Mu sekuat tenaga yang aku mampu, aku berlindung dari keburukan yang aku perbuat kepada-Mu, aku mengakui nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku, maka ampunilah aku, karena tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau."

Doa untuk Kebahagiaan

Doa untuk kebahagiaan adalah doa yang berisi permohonan agar kita senantiasa diberikan kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Dengan membaca doa ini di malam Lailatul Qadar, diharapkan kita akan selalu merasa bahagia dan sejahtera dalam menjalani hidup.

"Allahumma inni as'aluka al-'afiyah fi al-dunya wa al-akhirah, Allahumma inni as'aluka al-'afiyah fi dini wa dunyaya wa ahli wa malii, Allahumma istur awrati wa amin raw'ati, Allahumma hfazni min bayni yadayya wa min khalfi wa 'an yamini wa 'an syimali wa min fawqi, wa a'udhu bi 'azamatika an ughtala min tahti."

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keselamatan di dunia dan akhirat, Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keselamatan dalam agamaku, dunia, keluarga dan hartaku, Ya Allah, tutupi auratku dan jaga kehidupanku, Ya Allah, peliharalah aku dari depanku, belakangku, kananku, kiriku, dan dari atasku, dan aku berlindung dengan keagungan-Mu agar aku tidak dilalui dari bawahku."

Doa untuk Mendapatkan Ampunan

Doa untuk mendapatkan ampunan adalah doa yang berisi permohonan agar Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita yang telah dilakukan. Dengan membaca doa ini di malam Lailatul Qadar, diharapkan kita akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

"Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni."

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan Engkau menyukai pemaafan, maka ampunilah dosa-dosaku."

Doa untuk Meningkatkan Keimanan

Doa untuk meningkatkan keimanan adalah doa yang berisi permohonan agar keimanan kita semakin bertambah dan kita semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan membaca doa ini di malam Lailatul Qadar, diharapkan kita akan semakin merasa dekat dengan Allah SWT dan semakin menguatkan keimanan kita.

"Allahumma a'inni 'ala dhikrika wa shukrika wa husni 'ibadatik."

Artinya: "Ya Allah, bantulah aku untuk selalu mengingat-Mu, bersyukur atas nikmat-Mu, dan melakukan ibadah dengan sebaik-baiknya."

Baca Juga : Menggali Keutamaan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar dalam Agama Islam

Demikianlah beberapa doa yang dapat dibaca di malam Lailatul Qadar untuk memohon ampunan dan kebahagiaan. Namun, yang terpenting dalam berdoa adalah niat dan keikhlasan hati. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan ampunan dan kebahagiaan kepada kita semua. Amin.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN