DKI Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Selama Sepekan

DKI Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Selama Sepekan
Foto ilustrasi hujan/ DKI Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Selama Sepekan

Bidiknews24.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan selama sepekan mendatang.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menyebutkan, salah satu wilayah yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga deras yaitu DKI Jakarta.

"Perlu diwaspadai potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah DKI Jakarta," ujar Guswanto dalam siaran persnya, yang dilansir kompas.com Sabtu (28/1/2023).

Baca Juga: Gempa Bandung Diikuti Guncangan Susulan

Potensi hujan intensitas sedang hingga deras di DKI Jakarta itu berpeluang terjadi sejak 28 Januari 2023-2 Februari 2023. Guswanto menjelaskan, peringatan dini potensi hujan ini dikeluarkan BMKG berdasarkan hasil monitoring perkembangan dinamika atmosfer.

Adapun pemicu meningkatnya potensi hujan tersebut yakni saat ini termonitor fenomena MJO (Maden Jullian Oscillation) diprediksikan mulai aktif kembali di wilayah Indonesia bagian barat.

Selain itu, Monsun Asia masih cukup aktif dengan identifikasi terdapat aliran lintas ekuator, kemudian perlambatan angin dan belokan angin juga terbentuk di sekitar wilayah Indonesia.

Baca Juga: BMKG: Gempa Bandung Magnitudo 4, Tak Berpotensi Tsunami

BMKG juga mengamati bibit siklon tropis bibit 94S di Samudera Hindia sebelah barat daya Lampung dengan kecepatan angin maksimum 37 km/jam.

Sementara tekanan udara minimum 1005.0 mb dan bibit siklon tropis 90B yang teramati di Samudera Hindia sebelah barat Aceh dengan kecepatan angin maksimum 37 km/jam. Adapun tekanan udara minimum 1006.0 mb.


SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN