BMKG: Gempa Bandung Magnitudo 4, Tak Berpotensi Tsunami

BMKG: Gempa Bandung Magnitudo 4, Tak Berpotensi Tsunami
Foto Ilustrasi gempa bumi

Bidiknews24.com, Jakarta - Gempa bumi berkekuatan 4,0 magnitudo yang terjadi di sebagian wilayah Bandung pada sabtu, (28/ 01/2023), tidak berpotensi tsunami. Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pusat, gempa bumi berada di darat sekitar 23 kilometer tenggara Kabupaten Bandung.

Baca Juga: Gempa Bandung Diikuti Guncangan Susulan

"Gempa dirasakan Magnitudo: 4,0 pada 28 Januari 2023 18:00:33", tulis BMKG pada keterangan rilisnya. Gempa terjadi pada koordinat pada 7.22 LS (Lintang Selatan) dan 107.59 BT (Bujur Timur).

Baca Juga: Bandung Diguncang Gempa M4,0, Warga Panik Keluar Rumah

Gempa dirasakan dengan skala MMI di beberapa wilayah diantaranya Soreang dan Bandung dengan skala II-III dan II-III. Salah satu skala MMI yang dirasakan adalah III yang artinya gempa dirasakan oleh beberapa orang, tetapi tidak menyebabkan kerusakan atau kecelakaan. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, dalam sepekan terakhir di wilayah Indonesia terjadi aktivitas gempa signifikan dan dirasakan masyarakat sebanyak 12 kali dalam berbagai variasi magnitudo dan kedalaman.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN