BKKBN Siapkan Program untuk Calon Pengantin: Aplikasi Elsimil dan Pranikah

BKKBN Siapkan Program untuk Calon Pengantin: Aplikasi Elsimil dan Pranikah
Program pranikah BKKBN Untuk Bimbing Calon Pengantin.

BidikNews24.com - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memperkenalkan langkah-langkah inovatif dalam upayanya mengurangi angka perceraian dan membangun keluarga yang berkualitas di Indonesia.

Salah satu inisiatif penting yang telah diluncurkan adalah aplikasi Elsimil (siap nikah dan siap hamil) serta program pranikah yang ditujukan untuk membimbing calon pengantin.

Aplikasi Elsimil: Persiapan Menikah yang Komprehensif

Aplikasi Elsimil merupakan langkah maju dalam mendukung persiapan menikah yang lebih komprehensif. Melalui aplikasi ini, calon pengantin akan mendapatkan panduan dan edukasi terkait kesehatan reproduksi, perencanaan keluarga, serta aspek-aspek lain yang relevan dengan kehidupan berkeluarga.

Langkah ini diambil untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada calon pengantin tentang tanggung jawab dan tantangan yang akan dihadapi dalam pernikahan.

Baca Juga : BKKBN Sarankan Pria Menikah Pada Umur 25 dan Wanita Pada Umur 21

Program Pranikah: Memahami Kesiapan dan Tanggung Jawab

Program pranikah yang digagas oleh BKKBN memiliki tujuan yang lebih dalam, yaitu memastikan calon pengantin memahami sepenuhnya kesiapan mereka dalam menghadapi kehidupan berumah tangga.

Dalam program ini, calon pengantin akan mendapatkan pendampingan dan bimbingan yang mencakup aspek fisik, mental, dan emosional.

Program ini juga memberikan ruang bagi calon pengantin untuk bertanya dan mendapatkan penjelasan terkait pernikahan serta kesehatan reproduksi.

Mengurangi Angka Perceraian melalui Pendidikan Kesehatan Reproduksi

Salah satu dampak positif dari program ini adalah potensi mengurangi angka perceraian.

Dengan memberikan pendidikan kesehatan reproduksi dan perencanaan keluarga sebelum menikah, pasangan akan lebih siap dalam menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan berkeluarga.

Pasangan akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mengatasi tantangan dan konflik yang mungkin muncul.

Mendorong Peningkatan Kualitas Keluarga

BKKBN percaya bahwa program ini juga akan mendorong peningkatan kualitas keluarga. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang tanggung jawab, pasangan akan memiliki landasan yang lebih kuat untuk membangun hubungan yang harmonis.

Pasangan yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang kesehatan reproduksi juga dapat merencanakan keluarga dengan lebih bijaksana.

Peningkatan Kesejahteraan Melalui Edukasi

BKKBN juga berfokus pada peningkatan kesejahteraan keluarga melalui edukasi. Selain program pranikah dan aplikasi Elsimil, BKKBN juga meluncurkan program Bina Keluarga Balita (BKB) dan kelas orang tua hebat yang memberikan edukasi tentang gizi anak.

Semua program ini bertujuan untuk membantu pasangan menghadapi tantangan dalam pernikahan dan membangun keluarga yang sehat secara fisik dan emosional.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN